ELYSA DIANRIASNING, 111614253005 (2019) PENGARUH TEACHER – STUDENT INTERPERSONAL RELATIONSHIP TERHADAP STUDENT WELL-BEING DENGAN MOTIVASI BELAJAR SEBAGAI VARIABEL MEDIATOR PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) PELAYARAN. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.
Text (abstrak)
abstrak.pdf Download (159kB) |
|
Text (full text)
full text.pdf Restricted to Registered users only until 9 April 2022. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh teacher–student interpersonal relationship terhadap student wellbeing dengan motivasi belajar sebagai variabel mediator pada siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pelayaran. Sekolah memiliki pengaruh besar dalam perkembangan dan kehidupan siswa karena sebagian waktunya dihabiskan di sekolah. Dengan demikian, siswa perlu merasa wellbeing di sekolah agar dapat mencapai prestasi. Student wellbeing didefinisikan sebagai sejauh mana seorang siswa berfungsi efektif dalam komunitas sekolah (Fraillon, 2004). Penelitian ini dirancang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan melibatkan 167 taruna/i SMK Pelayaran Bhakti Samudera Surabaya. Sampel yang digunakan diambil menggunakan teknik propotionate stratified random sampling. Variabel independen yaitu teacher–student interpersonal relationship diukur menggunakan skala Questionnaire on Teacher Interaction, variabel mediator yaitu motivasi belajar diukur menggunakan skala motivasi belajar dan variabel dependen yaitu student wellbeing diukur menggunakan skala student wellbeing. Teknik analis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah Partial Least Squares menggunakan program WarpPLS 5.0. Dari hasil analisis menunjukkan pengaruh teacher-student interpersonal relationship terhadap motivasi belajar memiliki signifikansi nilai p (0.01<0.05). Pengaruh motivasi belajar terhadap variabel student wellbeing memiliki signifikansi nilai p (0.01<0.05). Pengaruh teacher-student interpersonal relationship terhadap student wellbeing memiliki signifikansi nilai p (0.04<0.05). Nilai p yang signifikan juga terjadi pada pengaruh teacher-student interpersonal relationship terhadap student wellbeing setelah dimasukkan variabel mediasi motivasi belajar. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa motivasi belajar memediasi secara sebagian (partial) pengaruh teacher-student interpersonal relationship terhadap student wellbeing, maka hipotesis dalam penelitian ini diterima.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK TPsi 16/19 Dia p | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Student Wellbeing, Learning Motivation, Teacher-Student Interpersonal Relationship, Partial Least Square | ||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1705-2286 Education and training of teachers and administrators > LB1805-2151 State teachers colleges | ||||||
Divisions: | 11. Fakultas Psikologi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 09 Apr 2019 05:21 | ||||||
Last Modified: | 09 Apr 2019 05:21 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/81720 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |