SISTEM INFORMASI PENGADAAN BAHAN BAKU MAKANAN NOODLES PLUS RESTO AND CAFE SURABAYA

EZRA LAZARUSA BATISTA ALEXANDER, 151411513030 (2019) SISTEM INFORMASI PENGADAAN BAHAN BAKU MAKANAN NOODLES PLUS RESTO AND CAFE SURABAYA. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (17kB)
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 15 April 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan dari Tugas Akhir ini adalah membuat sebuah program yang dapat menangani proses pengadaan bahan baku makanan Noodles Plus Resto and Cafe Surabaya sehingga sistem menjadi lebih efektif dan efisien untuk dijalankan serta dapat meminimalkan terjadinya kesalahan dan manipulasi data yang dapat menyebabkan terjadinya penyalahgunaan. Sistem ini menangani tujuh proses utama yaitu costing ulang, pemesanan bahan baku, pencatatan bahan baku masuk, permintaan bahan baku, pencatatan bahan baku keluar, pembayaran kepada supplier dan pembuatan laporan. Dalam membuat Sistem Informasi pengadaan bahan baku makanan Noodles Plus Resto and Cafe Surabaya dibutuhkan 5 tahap. Tahap pertama yang dilakukan adalah identifikasi kebutuhan data yang dilakukan dengan wawancara. Tahap kedua adalah menganalisis permasalahan sistem saat ini dengan membuat diagram fishbone. Tahap ketiga adalah mendesain sistem dan database. Desain sistem digambarkan dengan Document Flow Diagram (Docflow), Hierarchy Chart yang mempunyai empat proses utama, dan Data Flow Diagram (DFD). Selanjutnya desain basis data dibuat menggunakan Conceptual Data Model (CDM) yang menghasilkan 19 entitas dan Physical Data Model (PDM) yang meghasilkan 19 tabel. Berdasarkan desain tersebut kemudian dilanjutkan dengan mendesain form input dan output. Tahap keempat adalah mengimplementasikan desain tersebut ke dalam MySQL dan program dengan menggunakan bahasa pemrograman berbasis web. Tahap terakhir adalah melakukan uji coba sistem terhadap cafe dengan metode blackbox testing. Berdasarkan hasil implementasi dan uji coba sistem, Sistem Informasi pengadaan bahan baku makanan Noodles Plus Resto and Cafe Surabaya yang dibuat telah sesuai dengan kebutuhan fungsional pada kegiatan pengadaan bahan baku yaitu dapat menangani beberapa proses bisnis secara mudah dan dapat menampilkan laporan secara tepat.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKC KK FV SI 04/19 Ale s
Uncontrolled Keywords: Information System, Supplying food Raw Materials for Noodles Plus Resto and Cafe Surabaya, raw material
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Teknik > D3 Sistem Informasi
Creators:
CreatorsNIM
EZRA LAZARUSA BATISTA ALEXANDER, 151411513030UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRini Semiati, Dra. , M. SiUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 15 Apr 2019 06:51
Last Modified: 15 Apr 2019 06:51
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/81855
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item