PENERAPAN INOVASI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK (Studi Deskriptif tentang Penerapan SIM Keliling Dalam Rangka Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Pelayanan Surat Ijin Mengemudi Satlantas Polres Kediri Kota)

Try Kristiono, 070911057 (2019) PENERAPAN INOVASI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK (Studi Deskriptif tentang Penerapan SIM Keliling Dalam Rangka Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Pelayanan Surat Ijin Mengemudi Satlantas Polres Kediri Kota). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.AN.22 19 Kri p.pdf

Download (70kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.AN.22 19 Kri p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Setiap pengendara kendaraan wajib memiliki SIM (Surat Ijin Mengemudi). Surat ijin mengemudi dapat diperoleh di Kantor Pelayanan SIM Satlantas Polres Kediri Kota. Selama ini pengurusan SIM menurut masyarakat dianggap sulit karena terlalu berbelit-belit dan banyaknya calo yang berkeliaran. Kini mengurus SIM khususnya dalam mengurus perpanjangan SIM sangatlah mudah. Karena saat ini Kantor Pelayanan SIM Satlantas Polres Kediri Kota telah mebuat inovasi pelayanan perpanjangan SIM dengan menggunakan SIM Keliling. SIM keliling didirikan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat pemohon SIM akan pelayanan perpanjangan SIM yang cepat, mudah, transparan dan bebas dari calo. Penelitian ini bertujuan menggambarkan bagaimana penerapan SIM Keliling sebagai bagian dari inovasi pelayanan perpanjangan SIM dapat meningkatkan kualitas pelayanan di Kantor Pelayanan SIM Satlantas Polres Kediri Kota. Untuk mengetahui bagaimana penerapan SIM Keliling dapat meningkatkan kualitas pelayanan digunakan 5 indikator peningkatan kualitas pelayanan menurut Zeithamal, Parasuraman dan Berry yaitu Tangible, Realibility, Responsivenes, Assurance dan Emphaty. Penelitian ini menggunakan teori pelayanan publik, kualitas pelayanan publik, serta teori tentang inovasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, tipe penelitian deskriptif, lokasi penelitian berada di Kantor Pelayanan SIM Satlantas Polres Kediri Kota karena tempat tersebut merupakan satu-satunya Kantor Pelayanan SIM di Kota Kediri. Informan yang diambil dalam penelitian ini para pemohon SIM yang menggunakan SIM Keliling, dan Petugas Pemberi Pelayanan atau operator SIM Keliling. Untuk teknik penentuan informan bagi pemberi layanan menggunakan Purposive Sampling. Sedangkan pengguna layanan atau pemohon SIM menggunakan accidental sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Kemudian menganalisis data menggunakan reduksi data, penyajian data kemudian penarikan kesimpulan atau verifikasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.AN.22/19 Kri p
Uncontrolled Keywords: pelayanan, kualitas pelayanan, pelayanan publik, inovasi, SIM Keliling.
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3154-3370 Constitutional law > K3220 Public policy
T Technology > TS Manufactures > TS156 Quality control and management
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
Try Kristiono, 070911057UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorGitadi Tegas Supramudyo, Drs., MSi.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 30 Apr 2019 03:20
Last Modified: 18 Dec 2019 02:40
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/82118
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item