EFEK PEMBERIAN REVERSIN TERHADAP DIFFERENSIASI ADIPOSED DERIVED MESENCHYMAL STEM CELL (AMSCs) MENJADI SEL KARDIOMIOSIT

Rendra Mahardhika Putra, NIM011328136307 (2019) EFEK PEMBERIAN REVERSIN TERHADAP DIFFERENSIASI ADIPOSED DERIVED MESENCHYMAL STEM CELL (AMSCs) MENJADI SEL KARDIOMIOSIT. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
PPDS.JP. 01-19 Put e Abstrak.pdf

Download (93kB)
[img] Text (Fulltext)
PPDS.JP. 01-19 Put e.pdf
Restricted to Registered users only until 30 April 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar Belakang : Di Era kemajuan tindakan intervensi dan farmakologi kardiovaskular, kerusakan sel kardiomiosit yang irrevesibel masih menjadi masalah yang serius. Keberhasilan dari penggunaan Adipose derived Mesenchymal Stem Cells sebagai media dari tissue renewal untuk memperbaiki otot jantung yang mengalami scarring bergantung pada kemampuannya untuk berdiferensiasi menjadi kardiomiosit. Secara in vitro sel punca pluripotent terbukti memiliki kemampuan mampu berkembang menjadi kardiomiosit fungsional. Identifikasi molekul sederhana yang memiliki kemampuan untuk menginduksi proses dedifrensiasi atau mengembalikan potensi sel menjadi progenitor yang multipotent, dapat dijadikan solusi atas permasalahan yang ada. Untuk itu kami menganalisis efek pemberian reversin terhadap penanda difrensiasi kardiomiosit berupa Flk-1 dan cTnT. Tujuan : Untuk menganalisis efek pemberian reversin terhadap ekspresi penanda diferensiasi kardiomiosit berupa Flk-1 dan cTnT pada kultur AMSCs Metode : Penelitian ini merupakan experimental post-test control group study. h- AMSCs yang diperoleh dari jaringan lemak, dilakukan prosedur thawing di laboratorium stem cell Universitas Airlangga. Karakter AMSCs diperiksa dengan immunofluorescence menunjukkan fluoresensi CD90+, CD105+, dan CD45-. Kultur AMSC dibagi menjadi kelompok perlakuan reversin dengan dosis 5nM , 10nM dan 20nM selama 48 jam dan kelompok kontrol. Pasca perlakuan AMSCs dipindah ke medium diferensiasi kardiomiosit, dilakukan pemeriksaan ekspresi marker diferensiasi kardiomiosit Flk-1 dan cTnT pada hari ke-7 dan hari ke-14 menggunakan metode imunositokimia berlabel FITC. Densitas perpendaran IF dari sel kemudian dihitung menggunakan aplikasi ImageJ. Analisis data dengan one way Anova dengan uji signifikansi menggunakan LSD. Hasil : Pada penelitian ini didapatkan hasil rerata ekspresi Flk-1 yang lebih tinggi dibandingkan kontrol, perbedaan bermakna terjadi pada dosis reversin 10nM (p 0.005), sedangkan ekspresi penanda cTnT lebih rendah pada semua kelompok perlakuan (p 0.000), (p 0.018) dan (p 0.000). Pada hari ke-14 didapatkan rerata ekspresi penanda Flk-1 dan cTnT yang tidak berbeda bermakana pada kedua kelompok. Kesimpulan : Pada awal proses difrensiasi kultur AMSCs menjadi sel kardimiosit, reversin secara bermakna meningkatkan kadar ekspresi penanda kardiak mesodermal Flk-1 dan menurunkan ekspresi penanda tahap akhir kardiomiosit cTnT. Akan tetapi pada tahap akhir proses difrensiasi tidak didapatkan perbedaan bermakna diantara ekspresi kedua penanda difrensiasi tersebut.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKA KK PPDS.JP. 01-19 Put e
Uncontrolled Keywords: Reversine, Stem cells, Adipocyte-derived Mesenchymal Stem Cell (AMSC), Cardiomyocyte differentiation, Epigenetics
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC666-701 Diseases of the circulatory (Cardiovascular) system
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Ilmu Penyakit Jantung
Creators:
CreatorsNIM
Rendra Mahardhika Putra, NIM011328136307NIM011328136307
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBudi Baktijasa, Dr., Sp.JP(K) FIHAUNSPECIFIED
Thesis advisorBudi Susetyo Pikir, Prof.DR.Dr., Sp.PD, Sp.JP(K) FIHAUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 30 Apr 2019 04:19
Last Modified: 30 Apr 2019 04:19
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/82126
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item