EFEKTIFITAS PSIKOEDUKASI KELUARGA UNTUK MENURUNKAN BEBAN PENGASUHAN (CAREGIVER BURDEN) PADA KELUARGA DENGAN SKIZOFRENIA

Ary Baktiar, 111614153028 (2019) EFEKTIFITAS PSIKOEDUKASI KELUARGA UNTUK MENURUNKAN BEBAN PENGASUHAN (CAREGIVER BURDEN) PADA KELUARGA DENGAN SKIZOFRENIA. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
TPsi. 21-19 Bak e Abstrak.pdf

Download (392kB)
[img] Text (Fulltext)
TPsi. 21-19 Bak e.pdf
Restricted to Registered users only until 10 May 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Keluarga yang memiliki anggota keluarga dengan gangguan skizofrenia menanggung beban (burden) tersendiri. Burden adalah sejauh mana caregiver merasakan perubahan kondisi emosional, kesehatan fisik, dan status keuangannya sebagai akibat dari merawat (caring) kerabat mereka.. Penelitian ini berfokus pada upaya untuk menurunkan beban (burden) keluarga sebagai caregiver bagi anggota keluarganya yang bergangguan skizofrenia. Intervensi yang diterapkan adalah psikoedukasi keluarga pada delapan orang yang berasal dari tiga keluarga yang berbeda. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu dengan desain one group posttest-pretest study. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah Schizophrenia Caregiver Questionnaire (SCQ) yang merupakan pengembangan dari Zarit Burden Interview (ZBI). Analisis data dilakukan dengan uji statistik non parametrik dengan uji beda Wilcoxon (paired sample). Hasil analisis data menunjukkan perbedaan pada rata – rata nilai total SCQ dan perubahan yang signifikan pada dimensi Worries For Patient. Hasil ini menunjukkan bahwa intervensi psikoedukasi keluarga dapat menurunkan caregiver burden bagi keluarga dengan anggota keluarga bergangguan skizofrenia.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TPsi. 21-19 Bak e
Uncontrolled Keywords: Psikoedukasi Keluarga, Caregiver Burden, Schizophrenia Caregiver Questionnaire (SCQ)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1050.9-1091 Educational psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi > S2 Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Ary Baktiar, 111614153028UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHamidah, Dr., M.Si.,PsikologUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 10 May 2019 02:22
Last Modified: 10 May 2019 02:22
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/82267
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item