PENGARUH GAMMA-MANGOSTIN TERHADAP KADAR BUN (BLOOD UREA NITROGEN), KREATININ PLASMA DAN PERBAIKAN SEL TUBULUS PROKSIMAL PADA MENCIT (Mus musculus) DIABETIK

DICKY DARMAWAN, 081511433033 (2019) PENGARUH GAMMA-MANGOSTIN TERHADAP KADAR BUN (BLOOD UREA NITROGEN), KREATININ PLASMA DAN PERBAIKAN SEL TUBULUS PROKSIMAL PADA MENCIT (Mus musculus) DIABETIK. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
MPB. 25-19 Dar p Abstrak.pdf

Download (385kB)
[img] Text (Fulltext)
MPB. 25-19 Dar p.pdf
Restricted to Registered users only until 13 May 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gamma-mangostin terhadap penurunan kadar BUN (BLOOD UREA NITROGEN) dan kreatinin plasma serta perbaikan sel tubulus proksimal pada mencit (Mus musculus) diabetik. Hewan coba yang digunakan sebanyak 24 ekor mencit jantan galur BALB/c. Hewan coba dibagi menjadi 6 kelompok yaitu KN (kontrol normal), kontrol diabetik (KD), kontrol acarbose (KA), dan P (kelompok perlakuan) yang terdiri dari P1 (pemberian gamma-mangostin dosis 1 mg/kg BB), P2 (pemberian gamma-mangostin dosis 2 mg/kg BB), dan P3 (pemberian gamma-mangostin dosis 4 mg/kg BB) yang masingmasing terdiri dari 4 ekor mencit dalam satu kelompok. Induksi diabetes dilakukan dengan injeksi intraperitoneal streptozotocin (STZ) dan pemberian gamma– mangostin serta acarbose dilakukan secara per oral pada mencit diabetik.Setelah itu, dilakukan pengambilan plasma darah intracardiac dan organ ginjal. Penentuan kadar BUN dan kreatinin plasma dilakukan dengan metode Urea GLDH: tes UV enzimatik menggunakan kit Pentra C.200 reader, sedangkan pembuatan preparat histologi tubulus proksimal ginjal dilakukan menggunakan metode parafin dengan pewarnaan Hematoxylin-Eosin. Hasil pengukuran kadar BUN diuji dengan One Way ANOVA (p<0,05), hasil pengukuran kadar kreatinin plasma diuji dengan One Way ANOVA (p<0,05), hasil pengukuran sel tubulus proksimal yang normal diuji dengan Brown Forsythe (p<0,05), hasil pengukuran sel tubulus proksimal yang mengalami bengkak keruh, dan nekrosis diuji dengan One Way ANOVA (p<0,05). Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa pemberian gamma-mangostin dapat menurunkan kadar BUN dan kreatinin plasma serta dapat memperbaiki kerusakan sel tubulus proksimal ginjal pada mencit diabetik. Dosis efektif gamma-mangostin yang dapat menurunkan kadar BUN dan kreatinin plasma serta yang dapat memperbaiki kerusakan sel tubulus proksimal ginjal pada mencit diabetik yaitu dosis 4 mg/kg BB.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPB. 25-19 Dar p
Uncontrolled Keywords: gamma-mangostin, streptozotocin, BUN, Kreatinin, dan Tubulus Proksimal
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi
Creators:
CreatorsNIM
DICKY DARMAWAN, 081511433033UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSaikhu Akhmad Husen, Drs. H., M.Kes.UNSPECIFIED
Thesis advisorDwi Winarni, Dr., M. Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 13 May 2019 04:08
Last Modified: 13 May 2019 04:08
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/82306
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item