SERAT TASAWUF: SUNTINGAN TEKS DISERTAI KAJIAN BANDINGAN

Ulil Lauhul Mahfudah, 121411131113 (2019) SERAT TASAWUF: SUNTINGAN TEKS DISERTAI KAJIAN BANDINGAN. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
FS.BI. 20-19 Mah s Abstrak.pdf

Download (2MB)
[img] Text (Fulltext)
FS.BI. 20-19 Mah s.pdf
Restricted to Registered users only until 14 May 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini sebagai berikut: Pertama, untuk mendapatkan suntingan teks Serat Tasawuf yang bersih dari kesalahan tulis atau salin. Kedua, untuk mengetahui bagaimana hasil terjemahan teks Serat Tasawuf. Ketiga, untuk mengetahui hubungan teks Serat Tasawuf dengan teks-teks tasawuf lainnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode edisi standar. Metode ini melakukan perbaikan terhadap kesalahan-kesalahan tulis atau salin yang ada di dalam teks. Teori yang digunakan untuk menganalisis teks adalah teori semotika Riffaterre. Penelitian ini menghasilkan beberapa simpulan. Pertama, suntingan teks telah tersedia dalam bentuk teks yang bersih dari kesalahan, menghasilkan lakuna (pengurangan huruf, bunyi, kata, dan suku kata) sebanyak 23 kesalahan, adisi (penambahan huruf, bunyi, kata, dan suku kata) sebanyak 95 kesalahan, ditografi (pengulangan huruf, bunyi, kata, dan suku kata) sebanyak 166 kesalahan, substitusi (pergantian huruf, bunyi, kata, dan suku kata) sebanyak 150 kesalahan, transposisi (perpindahan huruf, bunyi, kata, dan suku kata) sebanyak 4 kesalahan, gabungan (gabungan dua atau lebih kesalahan salin dan tulis) sebanyak 119 kesalahan. Kedua, kajian bandingan teks ST menghasilakn tiga teks pembanding yaitu, SW, SSNS, dan SSSKM.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS.BI. 20-19 Mah s
Uncontrolled Keywords: serat tasawuf, suntingan teks, semiotika
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101-410 Language. Linguistic theory. Comparative grammar
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsNIM
Ulil Lauhul Mahfudah, 121411131113UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMardhayu Wulan Sari, S.Hum., M.A.,UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 14 May 2019 06:56
Last Modified: 14 May 2019 06:56
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/82323
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item