LEGITIMATING WHITE SUPREMACY THROUGH THE WHITEWASHING OF ALLISON NG’S CHARACTER IN ALOHA FILM (2015)

NUR SYAFITRI AL ISNAINI, 12141231066 (2019) LEGITIMATING WHITE SUPREMACY THROUGH THE WHITEWASHING OF ALLISON NG’S CHARACTER IN ALOHA FILM (2015). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (272kB)
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 15 May 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: Http:///lib.unair.ac.id

Abstract

Permasalahan sosial mengenai ras antara golongan kulit putih dan golongan non-kulit putih masih tetap berlangsung hingga sekarang. Hal ini dikarenakan keinginan orang kulit putih yang masih ingin mempertahankan hak istimewa kulit putih dan superioritas dalam hierarki sosial. Salah satu upaya mereka untuk mempertahankan supremasi kulit putih adalah dengan mempromosikan ideology tersebut melalui produk budaya seperti film. Para produser film di Hollywood dan Eropa cenderung melakukan praktek whitewashing pada karakter kulit berwarna guna mempertahankan whiteness dalam film mereka. Penulis menggunakan film Aloha (2015) sebagai data utama dan menghubungkannya dengan isu supremasi kulit putih dan whitewashing dalam film ini. Metode penelitian yang digunakan penulis untuk studi ini ialah kualitatif. Selain itu, penulis juga menggunakan teori whiteness as property oleh Cheryl I. Harris untuk menganalisis permasalahan yang ditemukan penulis dan juga teori kulit putih untuk menginterpretasi hasil analisis. Dalam film ini, Allison diceritakan memiliki latar belakang ras campuran, akan tetapi ia digambarkan layaknya orang kulit putih dari segi fisik dan non-fisiknya. Ia memiliki kekuasaan dan superioritas yang menjadikannya sebagai pahlawan, yang mana hal ini melegetimasi ideologi supremasi kulit putih.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK FS Sej 32/19 Isn l
Uncontrolled Keywords: race, white privilege, whiteness, white supremacy, whitewashing
Subjects: H Social Sciences > HS Societies secret benevolent etc > HS1-3371 Societies: secret, benevolent, etc. > HS1501-2460.7 Other societies. By classes > HS1601-2265 Race societies
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Creators:
CreatorsNIM
NUR SYAFITRI AL ISNAINI, 12141231066UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHanawan, Dr., S.T., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 15 May 2019 06:58
Last Modified: 15 May 2019 06:58
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/82407
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item