PENGARUH DUKUNGAN SUAMI TERHADAP PEMANFAATAN PEMERIKSAAN HIV DALAM ANTENATAL CARE (ANC) TERPADU PADA IBU HAMIL (Studi di Wilayah Kerja Puskesmas Kedungdoro Kota Surabaya)

AFTINA EKA RAHMAYANTI, 101611123101 (2019) PENGARUH DUKUNGAN SUAMI TERHADAP PEMANFAATAN PEMERIKSAAN HIV DALAM ANTENATAL CARE (ANC) TERPADU PADA IBU HAMIL (Studi di Wilayah Kerja Puskesmas Kedungdoro Kota Surabaya). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
FKM. 119-19 Rah p Abstrak.pdf

Download (24kB)
[img] Text (Fulltext)
FKM. 119-19 Rah p.pdf
Restricted to Registered users only until 23 May 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Salah satu kelompok yang berisiko tertular HIV adalah ibu hamil, dimana ketika ibu terinfeksi HIV ketika ibu hamil maka akan memiliki potensi menularkan ke anaknya saat kehamilan, persalinan maupun menyusui. Hal ini dapat dicegah melalui program pelayanan ANC terpadu yang diberikan kepada semua ibu hamil yang melakukan kunjungan kehamilan. Salah satu standar pelayanan ANC terpadu yang harus dipenuhi yaitu termasuk pemeriksaan HIV. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh dukungan suami terhadap pemerisaan HIV dalam antenatal care (ANC) pada ibu hamil di wilayah kerja Puskesmas Kedungdoro Kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode observasional dengan desain studi cross sectional. Populasi penelitian yaitu ibu hamil yang sudah pernah melakukan kunjungan ANC terpadu di wilayah kerja Puskesmas Kedungdoro dengan besar sampel 60 ibu hamil. Pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Pemanfaatan pemeriksaan HIV dalam ANC terpadu merupakan variabel terikat dalam penelitian ini, sedangkan dukungan suami merupakan variabel bebas. Pengambilan data primer dilakukan dengan melalui pengisian kuesioner oleh ibu hamil dengan didampingi oleh peneliti. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat pengaruh dukungan suami terhadap pemanfaatan pemeriksaan HIV dalam ANC terpadu pada ibu hamil, dengan nilai signifikasi p-value = 0,006 (< 0,050). Nilai PR diperoleh 4,000, menunjukkan bahwa ibu hamil dengan dukungan suami baik berpeluang 4,000 kali lebih besar memanfaatkan pemeriksaan HIV dalam ANC terpadu daripada ibu hamil dengan dukungan suami kurang. Berdasarkan hasil dan kesimpulan penelitian, saran bagi petugas kesehatan Puskesmas Kedungdoro untuk meningkatkan promosi kesehatan tentang pemeriksaan HIV ibu hamil. Dengan sasaran, tidak hanya ibu hamil akan tetapi juga suami serta keluarga ibu hamil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM. 119-19 Rah p
Uncontrolled Keywords: Dukungan suami, Pemanfaatan pemeriksaan HIV, ANC terpadu, Ibu hamil
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA643-645 Disease (Communicable and noninfectious) and public health
R Medicine > RG Gynecology and obstetrics > RG1-991 Gynecology and obstetrics > RG500-991 Obstetrics > RG551-591 Pregnancy
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
AFTINA EKA RAHMAYANTI, 101611123101UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorWindhu Purnomo, Dr., dr., M.S.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 23 May 2019 06:35
Last Modified: 23 May 2019 06:35
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/82699
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item