RANCANG BANGUN SISTEM KEAMANAN PINTU RUMAH MELALUI SMS (Short Message Service) BERBASIS MIKROKONTROLLER (BAGIAN II)

AGUS DARMAWAN, 080710586S (2011) RANCANG BANGUN SISTEM KEAMANAN PINTU RUMAH MELALUI SMS (Short Message Service) BERBASIS MIKROKONTROLLER (BAGIAN II). Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2012-darmawanag-abstrak.pdf

Download (405kB)
[img] Text (full text)
gdlhub-gdl-s1-2012-darmawanag-full text.pdf
Restricted to Registered users only until 27 May 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: Http:///lib.unair.ac.id

Abstract

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi telah mendorong manusia untuk berusaha mengatasi segala permasalahan yang timbul disekitarnya serta meringankan perkerjaan yang ada. Pada era globalisasi seperti sekarang alat komunikasi yang digunakan sudah semakin canggih, salah satunya dengan menggunakan telepon seluler. Dengan menggunakan layanan pada telepon seluler yaitu SMS (Short Message Service) suatu pesan dapat dikirimkan dalam hitungan detik tanpa mengenal jarak dan dengan biaya yang murah. Berdasarka hal tersebut pada proyek akhir ini dirancang dan dibuat miniplant sistem keamanan pintu rumah melalui SMS berbasis mikrokontroller. Diperlukan komponen pendukung rangkaian minimum sistem ATmega8535 dan Menggunakan program Bascom AVR sebagai program. Minimum sistem juga dihubungkan ke komunikasi serial untuk koneksi handphone receiver. Pada handphone receiver akan membaca isi SMS dari handphone transmitter untuk mengaktifkan atau nonaktifkan solenoid dan buzzer sebagai tanda bahaya di dalam rumah. Hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu dengan sistem keamanan pintu rumah dengan mengirim SMS ke handphone receiver dengan kode “A” untuk mengaktifkan Solenoid dan kode “B” mengaktifkan limit switch dan buzzer kemudian kode “C” untuk mengnonaktifkan limit switch atau buzzer dan solenoid. Dengan persentase kesalahan alat sebesar 0% dan persentase kinerja software sebesar 100%.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Uncontrolled Keywords: Minimum Sistem ATmega8535, Komunikasi serial RS232, PDU, Bascom AVR
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK5105 Computer networks and Data transmission systems
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Teknik > D3 Otomasi Sistem Instrumentasi
Creators:
CreatorsNIM
AGUS DARMAWAN, 080710586SUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorFranky Chandra S, .A, S.T, M.TUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 27 May 2019 02:43
Last Modified: 27 May 2019 02:43
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/82829
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item