RANCANG BANGUN SISTEM PENGATURAN TEMPERATUR DAN KELEMBABAN PADA GREENHOUSE MENGGUNAKAN MIKROKONTROLER (BAGIAN I)

PUTRI AMARILLI MAHENDRADEWI, 080710596S (2011) RANCANG BANGUN SISTEM PENGATURAN TEMPERATUR DAN KELEMBABAN PADA GREENHOUSE MENGGUNAKAN MIKROKONTROLER (BAGIAN I). Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2012-mahendrade-abstrak.pdf

Download (48kB)
[img] Text (full text)
gdlhub-gdl-s1-2012-mahendrade-full text.pdf
Restricted to Registered users only until 27 May 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: Http:///lib.unair.ac.id

Abstract

Indonesia berada di daerah khatulistiwa yang memiliki iklim tropis dengan kelembaban yang relatif tinggi menyebabkan segala macam tumbuhan dapat hidup di daerah yang sejuk dengan baik . Akan tetapi seiring dengan perkembangan jaman yang menyebabkan kepadatan pendudukan di daerah perkotaan, maka area untuk tumbuh kembang tanaman tersebut menjadi kurang baik sehingga menyebabkan beberapa jenis tanaman tertentu harus tumbuh di daerah pegunungan yang sejuk, oleh karena itu penduduk di daerah perkotaan menjadi kesulitan untuk merawat tanaman tersebut. Salah satu solusi untuk menghadapai masalah ini adalah greenhouse yang dapat menyetabilkan temperatur serta kelembaban tanaman yang hidup di daerah pegunungan tersebut. Berdasarkan hal tersebut pada proyek akhir ini dirancang dan dibuat prototype rancang bangun sistem pengaturan temperatur dan kelembaban pada greenhouse menggunakan mikrokontroler. Diperlukan komponen pendukung agar sistem pengaturan temperatur dan kelembaban dapat bekerja sesuai rancangan yang diinginkan, diantaranya penggunaan mikrokontroler ATMega 8535 sebagai minimum sistem, sensor LM35 sebagai pendeteksi temperatur, sensor HSM 20-G sebagai pendeteksi kelembaban, IC OP-AMP LM358 sebagai pembanding, dan relay sebagai penggerak heater, fan, dan sprayer. Hasil dari perancangan alat ini dapat menjalankan greenhouse secara otomatis dengan cara otomatisasi pada fan, heater, dan sprayer.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Uncontrolled Keywords: network
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK5105 Computer networks and Data transmission systems
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Teknik > D3 Otomasi Sistem Instrumentasi
Creators:
CreatorsNIM
PUTRI AMARILLI MAHENDRADEWI, 080710596SUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorFranky Chandra, S.T., M.T.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 27 May 2019 06:14
Last Modified: 27 May 2019 06:14
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/82875
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item