Kesenjangan Digital di Kalangan Pengguna Perpustakaan Umum (Studi Deskriptif tentang Kesenjangan Digital di Kalangan Pengguna Perpustakaan Umum Kota Malang)

Imro'atul Mufida Rasyidi, 070710595 (2013) Kesenjangan Digital di Kalangan Pengguna Perpustakaan Umum (Studi Deskriptif tentang Kesenjangan Digital di Kalangan Pengguna Perpustakaan Umum Kota Malang). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK KK FIS 48-13 ROS K.pdf

Download (504kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT KK FIS 48-13 ROS K.pdf
Restricted to Registered users only until 21 August 2023.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perkembangan akan teknologi informasi dan komunikasi serta penetrasi internet telah membawa perubahan pada masyarakat dalam mengakses informasi yang dibutuhkan sehari-hari, selain memberikan kemudahan bagi masyarakat juga membuat masyarakat mengalami kesenjangan digital karena kesempatan yang berbeda dalam mengakses informasi tersebut dan kesenjangan digital tersebut juga terjadi di kalangan pengguna perpustakaan umum kota Malang. Adapun tujuan dari penelitian kesenjangan digital di kalangan pengguna perpustakaan umum kota Malang adalah peneliti ingin mengetahui adanya kesenjangan digital yang terjadi di kalangan pengguna dan memberikan gambaran adanya kesenjangan digital yang terjadi di kalangan pengguna yang meliputi dalam hal akses dan keahlian teknologi informasi dan komunikasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non-probability accidental sampling. Teknik yang digunakan pada saat pengambilan sampel secara kebetulan yaitu siapa saja (pengguna perpustakaan)yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel sebagai sumber data. Populasi sampel sebanyak 125 pengguna perpustakaan umum kota Malang. Instrumen yang digunakan oleh peneliti adalah kuesioner, wawancara,data sekunder dan daftar pustaka.Dari analisa data yang telah diperoleh peneliti yaitu diketahui bahwa kurangnya minat pengguna untuk mengakses informasi melalui teknologi informasi dan komunikasi yang terhubung dengan internet. Selain itu tidak semua pengguna memiliki media teknologi informasi dan komunikasi yang telah terkoneksi dengan internet. Pengguna juga tidak terlalu memiliki keahlian dalam menggunakannya serta kurangnya intensitas penggunaan teknologi informasi dan komunikasi serta internet. Gambaran tentang kesenjangan digital yang terjadi di kalangan pengguna yaitu kurangnya akan keahlian teknologi informasi dan komunikasi. Para pengguna kurang memiliki kemampuan untuk mengakses informasi secara tepat, pengguna juga kurang menggunakan komputer untuk menyelesaikan pekerjaannya sehari-hari. Pengguna tidak terlalu memiliki kemampuan untuk menggunakan informasi dalam berbagai bentuk dari media teknologi informasi dan komunikasi serta tidak memiliki pengetahuan akan internet sebagai media komunikasi dan informasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK FIS IIP 48/13 Ros K
Uncontrolled Keywords: kesenjangan digital, perpustakaan umum
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1041-1101 Social perception. Social cognition Including perception of the self and others, prejudices, stereotype
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM
Imro'atul Mufida Rasyidi, 070710595UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRahma Sugihartati, NIDN. 0001046501UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Helmy Prasetyo
Date Deposited: 24 Jun 2019 02:31
Last Modified: 21 Aug 2019 07:13
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/82952
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item