Sarastiti Dwi Priyogo, 071211633019
(2016)
MEDIA INTERNET SEBAGAI SARANA PROMOSI PERPUSTAKAAN (Studi Deskriptif tentang Efektivitas Promosi Perpustakaan dengan Menggunakan Sarana Media Internet di Perpustakaan Universitas Airlangga Surabaya).
Skripsi thesis, Universitas Airlangga.
Abstract
Perkembangan media internet saat ini memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk mengaksesnya. Perpustakaan dapat memanfaatkan media internet sebagai sarana yang dapat menjembatani perpustakaan untuk mempromosikan perpustakaan agar menarik minat pengunjung perpustakaan.
Setiap jenis perpustakaan mempunyai kelompok pengguna yang berbeda, namun para pengguna diseluruh jenis perpustakaan menghendaki hal yang sama yaitu memperoleh layanan yang sama – sama cepat, tepat, adil dan memuaskan.
Perpustakaan sebagai sumber informasi diharapkan dapat mempertahankan pengguna perpustakaan agar tidak bosan dan berpindah kepada sumber informasi lain untuk mendapatkan informasi yang mereka butuhkan. Penelitian ini dilakukan
untuk mengetahui efektivitas promosi yang dilakukan oleh perpustakaan Universitas Airlangga dengan menggunakan media internet. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kuatitatif deskriptif, pengambilan sampel
menggunakan purposive sampling yaitu dengan penentuan sampel berdasarkan kriteria tertentu. Hasil penelitian dilakukan oleh peneliti dengan menggunakan teori efektivitas yang terdiri dari tujuan, proses penyelenggaraan dan pasca penyelenggaraan promosi yang telah dilakukan. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa efektivitas promosi yang dilakukan oleh perpustakaan Universitas Airlangga termasuk dalam tingkat efektivitas menengah mengenai promosi perpustakaan Universitas Airlangga dengan menggunakan media internet
pada kategori 2,9%. Pada bagian tujuan promosi rata – rata skor mencapai 2,9% termasuk dalam kategori efektivitas menengah pada indikator tujuan promosi
perpustakaan dengan menggunakan media internet, proses penyelenggaraan promosi mencapai 2,8% termasuk dalam kategori efektivitas menengah pada indikator proses penyelenggaraan promosi perpustakaan dengan menggunakan
media internet dan pada bagian pasca penyelenggaraan mencapai 2,9 % termasuk dalam kategori efektivitas menengah pada indikator pasca penyelenggaraan promosi perpustakaan dengan menggunakan media internet.
Actions (login required)
|
View Item |