TEKNIK PEMBESARAN UDANG VANNAMEI (Litopenaeus vannamei) DI BALAI BESAR PENGEMBANGAN BUDIDAYA AIR PAYAU KABUPATEN JEPARA JAWA TENGAH

ASTRI REZA FAUZIAH, 060710149P (2012) TEKNIK PEMBESARAN UDANG VANNAMEI (Litopenaeus vannamei) DI BALAI BESAR PENGEMBANGAN BUDIDAYA AIR PAYAU KABUPATEN JEPARA JAWA TENGAH. FAKULTAS PERIKANAN DAN KELAUTAN, UNIVERSITAS AIRLANGGA. (Unpublished)

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_ASTRI REZA FAUZIAH.pdf

Download (160kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_ASTRI REZA FAUZIAH.pdf
Restricted to Registered users only until 31 May 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Udang merupakan salah satu komoditas penting untuk penambahan cadangan devisa negara. Salah satu jenis udang yang dapat menjadi solusi alternatif dalam memperkaya dan menambah produksi udang budidaya adalah udang vannamei. Udang vannamei memiliki keunggulan yaitu lebih resisten terhadap penyakit dan kualitas lingkungan yang rendah, produktivitas tinggi karena survival rate yang tinggi dan tahan hidup pada salinitas yang tinggi dan tumbuh dengan baik pada salinitas rendah. Kehadiran varietas udang vannamei dapat menopang kebangkitan usaha udang di Indonesia. Tujuan dari Praktek Kerja Lapangan ini adalah mendapatkan pengetahuan dan keterampilan serta dapat mempraktekkan secara langsung tentang teknik pembesaran udang vannamei. Praktek kerja Lapangan dilaksanakan di Balai Besar Pengembangan Budidaya Air Payau, Desa Bulu, Kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara, Provinsi Jawa Tengah pada tanggal 19 Juli – 31 Agustus 2010. Metode kerja yang digunakan dalam Praktek Kerja Lapang ini adalah metode deskriptif dengan pengumpulan data meliputi data primer dan data sekunder. Pengambilan data dilakukan dengan cara observasi, partisipasi aktif dan wawancara serta studi literatur. Budidaya udang vannamei meliputi persiapan tambak, penebaran benur ke tambak, pemberian pakan, pengamatan pertumbuhan, pengelolaan kualitas air, pengendalian hama dan penyakit, dan pemanenan. Kegiatan budidaya udang vannamei memerlukan waktu kurang lebih 3 bulan dengan berat tubuh udang saat panen kurang lebih 10,5 gram per ekor. Kualitas air yang diukur adalah DO, suhu, pH dan salinitas. Pakan yang diberikan yaitu pakan alami dan pakan buatan berupa pellet. Selama pemeliharaan udang vannamei tidak ditemukan adanya penyakit yang menyerang.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Teknik Pembesaran, Udang Vannamei
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General) > PN4775-4784 Technique. Practical journalism
S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Budidaya Perairan
Creators:
CreatorsNIM
ASTRI REZA FAUZIAH, 060710149PUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorYudi Cahyoko, Ir. M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 31 May 2019 02:22
Last Modified: 31 May 2019 02:22
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/83053
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item