Perbandingan Visualisasi Larynx dan Glotis pada Manikin Imobilisasi Cervical Spine dengan rigid Collar Neck menggunakan Video Laryngoscope C-MAC dan VL-Scope oleh Peserta Pendidikan Dokter Spesialis Tahap 3 Departemen Anestesi di RSUD Dr.Soetomo.

Abdul Kadir Munsy, NIM011318066310 (2018) Perbandingan Visualisasi Larynx dan Glotis pada Manikin Imobilisasi Cervical Spine dengan rigid Collar Neck menggunakan Video Laryngoscope C-MAC dan VL-Scope oleh Peserta Pendidikan Dokter Spesialis Tahap 3 Departemen Anestesi di RSUD Dr.Soetomo. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
PPDS.AT. 07-19 Mun p Abstrak.pdf

Download (181kB)
[img] Text (Fulltext)
PPDS.AT. 07-19 Mun p.pdf
Restricted to Registered users only until 17 June 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar Belakang, video laryngoscope C-MAC terbukti sangat membantu dalam tindakan intubasi terutama pada pasien kasus dengan difficult airway. Anestesiologi dan Reanimasi Surabaya telah menciptakan video laryngoscope VL-Scope dengan fitur dapat merekam audio visual dengan harga yang jauh lebih murah.Tujuan penelitian ini adalah membandingkan waktu yang dibutuhkan oleh video laringoskop C-MAC dan VL-Scope pada simulasi manikin imobilisasi cervical spine dengan rigid collar neck . Metode penelitian berupa Eksperimental randomized grup desain melibatkan residen untuk melakukan intubasi dengan 2 video laringoskop yaitu C-MAC dan VL-scope pada simulasi manikin imobilisasi cervical spine dengan rigid collar neck. Penelitian dilakukan dengan cara melihat perbedaan waktu yang diperlukan untuk melihat plica vokalis,lama intubasi dan penekanan pada gigi menggunakan laringoskop C-MAC dan video laringoskop VL-Scope Hasil penelitian video laringoskop C-MAC mempersingkat waktu rata-rata untuk menilai derajat Cormarck and Lehane (8.57 ± 2,64 ) dan intubasi (17.89 ± 5,92) dibandingkan dengan video laringoskop VL-Scope (12.24±5,83) dan (20,68±5,83) detik. Namun kejadian penekanan terhadap gigi saat tindakan laringoskpoi memiliki kejadian yang sama menggunakan kedua alat tersebut 2/37(5,4%) Kesimpulan Intubasi menggunakan video laryngoskop C-MAC lebih efektif pada manikin imobilisasi cervical spine dengan rigid collar neck namun angka kejadian penekanan gigi pada tindakan tersebut adalah sama.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKA KK PPDS.AT. 07-19 Mun p
Uncontrolled Keywords: Video laryngoscope, intubasi, imobilisasi cervical neck, manikin
Subjects: R Medicine > RD Surgery
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Anestesiologi dan Reanimasi
Creators:
CreatorsNIM
Abdul Kadir Munsy, NIM011318066310NIM011318066310
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNancy Margarita Rehatta, Prof. Dr., dr.,Sp.An K.IC.,KNA.,KMNUNSPECIFIED
Thesis advisorMaulydia, dr., Sp.An. KICUNSPECIFIED
Thesis advisorAgustina Salinding, dr., Sp.An.KICUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 17 Jun 2019 01:55
Last Modified: 17 Jun 2019 01:55
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/83260
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item