PERBEDAAN ANTARA POLA SIDIK BIBIR LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN MAHASISWA ANTROPOLOGI UNIVERSITAS AIRLANGGA

Mar’atul Mahmudah, 071511733040 (2019) PERBEDAAN ANTARA POLA SIDIK BIBIR LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN MAHASISWA ANTROPOLOGI UNIVERSITAS AIRLANGGA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.ANT.16 19 Mah p.pdf

Download (353kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.ANT.16 19 Mah p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.ANT.16 19 Mah p.pdf

Download (290kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sidik bibir adalah salah satu biological identity yang dimiliki manusia, karena sidik bibir bersifat unik pada setiap individu, sehingga dapat digunakan sebagai metode identifikasi individu dan jenis kelamin. Tujuan: Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perbedaan antara tipe pola sidik bibir Laki-laki dan Perempuan Mahasiswa Antropologi Universitas Airlangga. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian observasional deskriptif dengan menggunakan rancangan penelitian cross sectional. Klasifikasi tipe pola sidik bibir menggunakan klasifikasi Suzuki dan Tsuchihashi, dengan metode analisis One Compartement dan pengamatan 8 Kuadran. Subyek penelitian 100 sampel, 50 laki-laki dan 50 perempuan Mahasiswa Antropologi Universitas Airlangga. Hasil: Penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara pola sidik bibir laki-laki dan perempuan Mahasiswa Antropologi Universitas Airlangga pada metode analisis 8 kuadran, yaitu pada kuadran 1,6 dan 7. Pola dominan pada sidik bibir laki-laki adalah tipe II, sedangkan sidik bibir perempuan dominan tipe I, letak perbedaan pada persentase kemunculan tipe pola sidik bibir pada masing-masing jenis kelamin. Uji Statistik Chi Square menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan pada kuadran 1,6 dan 7. Metode pengamatan 8 Kuadran dapat digunakan sebagai identifikasi jenis kelain dengan melihat paa kuadant 1,6 dan 7. Metode analisis One Compartementt tidak menunjukkan adanya perbedaan antara pola sidik bibir laki-laki dan perempuan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.ANT.16/19 Mah p
Uncontrolled Keywords: Sidik Bibir, Tipe Pola Sidik Bibir, Identifikasi Jenis Kelamin.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General) > H1-99 Social sciences (General)
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ12-449 Sexual life > HQ31-64 Sex instruction and sexual ethics
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsNIM
Mar’atul Mahmudah, 071511733040UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorToetik Koesbardiati, Dr., phil.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 20 Jun 2019 07:35
Last Modified: 20 Jun 2019 07:35
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/83450
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item