POLA ASUH PANTI ASUHAN YATIM PUTERI ‘AISYIYAH DPD KOTA SURABAYA (Studi deskriptif pengasuhan di dalam Panti Asuhan Yatim Puteri ‘Aisyiyah)

ELMA NAFILAH KURNAINI, 071311733032 (2018) POLA ASUH PANTI ASUHAN YATIM PUTERI ‘AISYIYAH DPD KOTA SURABAYA (Studi deskriptif pengasuhan di dalam Panti Asuhan Yatim Puteri ‘Aisyiyah). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.ANT.18 19 Kur p.pdf

Download (184kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.ANT.18 19 Kur p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Panti asuhan merupakan sebuah wadah yang bergerak di bidang sosial, khususnya mengenai kesejahteraan sosial. Dalam pengasuhan dibutuhkan peran pengasuh untuk menjadi orang tua pengganti bagi anak-anak, sehingga seluruh kebutuhan anak didampingi oleh pengasuh. Mengingat pola pengasuhan peneliti melakukan penelitian di Panti Asuhan Yatim Puteri Aisyiyah di Surabaya, untuk menjadi pengasuh di Panti Asuhan Yatim Puteri Aisyiyah ini harus memiliki pendidikan yang beririsan dengan aspek-aspek perlindungan anak, memiliki pengetahuan tentang tahapan perkembangan anak, mengetahui hak-hak anak, mengenali dan memahami bakat anak, menghargai pendapat anak, melakukan bimbingan terhadap perilaku anak, kemampuan berkomunikasi dengan anak secara baik, menyediakan dan memfasilitasi kebutuhan anak baik fisik, psikis, sosial dan keagamaan. Pengasuh juga wajib memahami norma, regulasi, kebijakan dan program-program terkait dengan perlindungan anak. Penelitian ini dilakukan pada bulan Oktober 2018 sampai dengan bulan November 2018. Penelitian mengenai studi deskriptif pengasuhan di dalam Panti Asuhan Yatim Puteri Aisyiyah Surabaya tersebut menggunakan metode penelitian yang sesuai dengan permasalahan yang menjadi topik penelitian tersebut anatara lain; melakukan pengamatan (observasi) terlebih dahulu ditempat lokasi penelitian, melakukan wawancara (interview) kepada beberapa narasumber dan melakukan dokumentasi terhadap beberapa kegiatan-kegiatan yang ada, peneliti mendapatkan hasil dari adanya pola pengasuhan di dalam Panti Asuhan Yatim Puteri Aisyiyah Surabaya antara lain sebagai berikut; 1) Tujuan pemberian pengasuhan di Panti Asuhan Yatim Puteri Aisyiyah Surabaya, 2) Metode pengasuhan yang diberikan oleh Panti Asuhan Yatim Puteri Aisyiyah Surabaya, 3) Pola-Pola yang diterapkan oleh Pengasuh Panti Asuhan Yatim Puteri Aisyiyah Surabaya dalam mendidik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.ANT.18/19 Kur p
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh, Panti Asuhan Yatim Puteri Aisyiyah Surabaya.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General) > H1-99 Social sciences (General)
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV697-4959 Protection, assistance and relief > HV697-3024 Special classes > HV701-1420.5 Children
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsNIM
ELMA NAFILAH KURNAINI, 071311733032UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorPinky Saptandari, Dr., Dra., MA.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 20 Jun 2019 08:00
Last Modified: 18 Dec 2019 05:56
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/83455
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item