PENGARUH MEKANISME CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP ACCOUNTING CONSERVATISM PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BEI

RAFHAEL DEWA BAGASKARA, 041211332111 (2019) PENGARUH MEKANISME CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP ACCOUNTING CONSERVATISM PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BEI. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (21kB)
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 21 June 2022.

Download (979kB) | Request a copy
Official URL: Http:///lib.unair.ac.id

Abstract

Laporan keuangan merupakan produk akhir dari proses atau kegiatan akuntansi dari perusahaan. Laporan tersebut memberikan informasi yang dapat digunakan oleh pihak internal maupun pihak eksternal untuk mengambil keputusan. Agar dapat dipertanggungjawabkan isinya serta bermanfaat bagi penggunanya, laporan keuangan harus memenuhi tujuan, aturan serta prinsip prinsip akuntansi yang sesuai dengan standar yang berlaku. Dalam menyajikan informasi yang berkualitas, akuntansi juga dihadapkan pada keterbatasan, prinsip konservatisme sendiri adalah tindakan dalam melakukan pengakuan biaya dan rugi lebih cepat, mengakui pendapatan dan untung lebih lambat, akuntansi konservatif adalah suatu fitur penting dalam peningkatan kualitas dan reliabilitas pada laporan keungan dengan memfasilitasi pemantauan manajer dan kontrak sebagaimana dalam bagian mekanisme tata kelola. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris mengenai mekanisme tata kelola terhadap konservatisme akuntansi. Sampel dalam penelitian ini dipilih dengan metode purposive sampling. Sampel yang didapat sejumlah 345 laporan keuangan tahunan perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dari periode 2015 hingga 2017. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis linier berganda dan uji hipotesis menggunakan aplikasi SPSS 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran dewan komisaris berpengaruh positif namun tidak signifikan, ukuran dewan komisaris independen berpengaruh positif namun tidak signifikan, CEO duality berpengaruh positif namun tidak signifikan, auditor type berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap accounting conservatism.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK A 158/19 Bag p
Uncontrolled Keywords: board size, board independence size, CEO duality, auditor type, corporate governance mechanism, accounting conservatism
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
RAFHAEL DEWA BAGASKARA, 041211332111UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSri Iswati, Prof . Dr., SE., M.Si., AkUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 21 Jun 2019 07:14
Last Modified: 21 Jun 2019 07:14
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/83486
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item