Listiyani, 040113814
(2006)
PENERAPAN TARGET COSTING DENGAN VALUE ENGINEERING UNTUK MENINGKATKAN EFISIENSI BIAYA PADA PERUSAHAAN GARAM "SAMUDRA ASIA" DI SURABAYA.
Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Abstract
Kondisi persaingan yang semakin kompetitif saat ini dan arus informasi yang semakin cepat memaksa perusahaan untuk selalu mempelajari perubahanperubahan yang terjadi di pasar agar dapat bertahan bahkan memimpin persaingan tersebut. Perusahaan hams mampu menghasilkan produk yang sesuai dengan keinginan konsumen, karena konsumen sekarang ini semakin pandai dan semakin selektif dalam memilih produk yang mereka butuhkan.
Target costing merupakan alat yang secara langsung muncul dari adanya persaingan pasar yang ketat dalam industri. Dengan target costing dapat ditentukan biaya target (target cost), yang diperoleh dari harga pasar yang berlaku dikurangi dengan laba yang diinginkan, dan sering disebut price-driven costing yaitu harga yang menentukan biaya. Untuk mencapai target cost perusahaan dapat menggunakan value engineering yaitu proses dimana cross functional team berusaha untuk mengurangi biaya-biaya selama tahap desain dan sebelum tahap produksi tanpa mengurangi kualitas dan fungsi dengan melakukan proses yang optimal, bahan-bahan, dan peralatan yang dibutuhkan untuk produksi.
Penelitian yang dilakukan terhadap Perusahaan Garam "Samudra Asia" di Surabaya merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif, dimana peneliti mengembangkan konsep dan menghimpun fakta yang berhubungan dengan penelitian seperti menentukan target cost Berta melakukan value engineering.
Simpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah bahwa melalui penerapan target costing dengan value engineering dapat membantu perusahaan mancapai target cost. Untuk mencapai target cost perusahaan melakukan value engineering dengan mengeliminasi aktivitas yang tidak bernilai tambah dalam proses produksi dan melakukan rekayasa terhadap komposisi bahan baku yang digunakan, hingga perusahaan mampu mencapai target cost bahkan melampauinya yaitu sebesar Rp.625,00. Dengan demikian perusahaan dapat menurunkan harga ecerannya sama bahkan bisa lebih rendah dari pesaingnya.
Actions (login required)
|
View Item |