Identitas Roleplayer Dalam Game VRChat

Pujo Waskito Nugroho, 071411533021 (2018) Identitas Roleplayer Dalam Game VRChat. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.K.25 19 Nug i.pdf

Download (26kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.K.25 19 Nug i.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.K.25 19 Nug i.pdf

Download (280kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai aktivitas apa saja yang dilakukan roleplayer dalam game VRChat sebagai identitas diri mereka di dalam dunia virtual. Penelitian ini akan menganalisis identitas yang digambarkan oleh roleplayer dalam game VRChat tersebut. Penelitian ini menarik karena terdapat perbedaan penggambaran identitas yang dimunculkan melalui dunia nyata dengan dunia virtual dalam ranah Game VRChat yang diteliti melalui observasi dan wawancara dari beberapa pemain. Aspek yang telah diteliti dalam penelitian ini berupa perubahan identitas diri melalui tubuh virtual, kuasa pemain terhadap tubuh virtual, kebebasan dalam memilih gender di dunia virtual dan interaksi pemain Game VRChat yang dilakukan secara virtual. Pendekatan yang digunakan untuk penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, dengan menggunakan metode etnografi virtual. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan observasi selama berada di lapangan dan indepth interview pada pemain game VRChat sebagai informan. Berdasarkan analisis data, ditemukan bahwa informan memiliki perbedaan dan kesamaan masing-masing yang menjadi alasan mereka menjadi roleplayer melalui dunia virtual game VRChat. Beberapa informan bermain game VRChat sebagai salah satu bentuk pengekspresian yang tidak bisa diaktualisasikan di kehidupan nyata mereka. Informan lain yang menganggap hidupnya membosankan dan bermain game VRChat untuk dijadikan kehidupan kedua. Terlepas dari itu, pada dasarnya pemain game VRChat menghabiskan waktu mereka di dunia virtual untuk mencari hiburan masing-masing.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.K.25/19 Nug i
Uncontrolled Keywords: Identitas, roleplayer, Game VRChat, etnografi virtual, dunia virtual
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV1100-1150.9 Fighting sports: Bullfighting, boxing, fencing, etc
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
Pujo Waskito Nugroho, 071411533021UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorYayan Sakti Suryandaru, Dr., S.Sos., MSi.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 24 Jun 2019 11:28
Last Modified: 24 Jun 2019 11:28
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/83622
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item