ANALISIS KESEJAHTERAAN PETANI PENGGARAP SAWAH PADA PENERAPAN AKAD MUZARA’AH DI DESA SODO KECAMATAN PAKEL KABUPATEN TULUNGAGUNG DENGAN PENDEKATAN MAQASHID SYARI’AH

DIAS RIZQI WARDANI, 041211431169 (2019) ANALISIS KESEJAHTERAAN PETANI PENGGARAP SAWAH PADA PENERAPAN AKAD MUZARA’AH DI DESA SODO KECAMATAN PAKEL KABUPATEN TULUNGAGUNG DENGAN PENDEKATAN MAQASHID SYARI’AH. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRACT)
KKB KK-2 FEB.EI 78 -19 War a-Abstrak.pdf

Download (41kB)
[img] Text (FULLTEXT)
KKB KK-2 FEB.EI 78 -19 War a.pdf
Restricted to Registered users only until 25 June 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Muzara‟ah adalah kerjasama antara petani penggarap sawah dengan pemilik sawah dimana biaya pengelolaan, benih, serta pupuk berasal dari pihak pemilik sawah. Petani penggarap bermodalkan tenaga serta kemampuan untuk mengolah sawah saja dan nantinya hasil panen akan dibagi menurut kesepakatan bersama. Kerjasama Muzara‟ah ini diterapkan oleh masyarakat Desa Sodo, Kecamatan Pakel, Kabupaten Tulungagung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kesejahteraan petani penggarap sawah di Desa Sodo setelah menerapkan akad Muzara‟ah ditinjau dari Maqashid Syari‟ah. Pendekatan penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif dan menggunakan strategi studi kasus. Informan dalam penelitian ini terdiri dari pihak kelompok tani Krido Tani, pihak petani penggarap sawah, dan pihak petani pemilik sawah. Teknik penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dan teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan observasi langsung Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kerjasama pertanian dengan akad muzara‟ah berperan dalam meningkatkan kesejahteraan petani penggarap sawah dilihat dari indikator Maqashid Syari‟ah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FEB.EI 78-19 War a
Uncontrolled Keywords: Muzara’ah, Welfare, Farmer, Agricultural Cooperation
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Creators:
CreatorsNIM
DIAS RIZQI WARDANI, 041211431169UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSiti Inayatul Faizah, S.Ag., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 25 Jun 2019 03:56
Last Modified: 25 Jun 2019 04:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/83650
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item