Muhammad Razaak Firmansyah, 121411131040 (2018) ANALISIS SEMIOTIK IKLAN ROKOK A MILD VERSI LANGKAH DI MEDIA TELEVISI. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK .pdf Download (24kB) |
|
Text (FULLTEXT)
FS BI 04-19 Fir a.pdf Restricted to Registered users only until 25 June 2022. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan penanda dan petanda yang terdapat pada iklan rokok A Mild versi Langkah pada media televisi, (2) menemukan dan mendeskripsikan makna yang terkandung dalam iklan rokok A Mild versi Langkah pada media Televisi. Objek penelitian ini adalah gambar visual yang disajikan pada media televisi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, yaitu mengumpulkan data melalui teknik rekam dan teknik catat berupa rekaman video dan dialog kemudain ditranskripkan menjadi sebuah teks. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Semiotika Ferdinand de Saussure. Data yang didapat kemudian akan dianalisis menggunakan teori penanda (signifier) dan petanda (signified). Penanda dan petanda yang ditemukan dalam iklan rokok A Mild versi Langkah sangat beragam tergantung narasi yang diberikan. Peneliti menganalisis setiap adegan dalam iklan yang berjumblah 26 adegan. Setiap adegan memiliki makna dan pengertian yang berbeda satu sama lain. Data tersebut dikumpulkan dan dirangkum menjadi satu kesimpulan tentang makna dari iklan rokok A Mild versi Langkah. Makna yang dapat disimpulkan dari iklan rokok A Mild versi Langkah adalah deskripsi dari dinamika perjalanan manusia dalam menjalani kehidupannya yang digambarkan oleh pengarang dengan sepasang kaki manusia yang berjalan melalui adegan-adegan tertentu yang memiliki narasi dan cerita yang berbeda pada setiap adegannya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 FS BI.04/19 Fir a | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Saussure, makna, pesan, iklan rokok A Mild versi langkah, semiotik,media televisi | ||||||
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media | ||||||
Divisions: | 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | sugiati | ||||||
Date Deposited: | 25 Jun 2019 04:36 | ||||||
Last Modified: | 25 Jun 2019 04:36 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/83668 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |