ARIE RAHAYU HARIANI, 040016915
(2006)
VALUE RELEVANCE LAPORAN KEUANGAN DI INDONESIA DAN KAITANNYA DENGAN BEBAN IKLAN DAN PROMOSI.
Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terjadi penurunan value relevance di Indonesia dan juga apakah value relevance dapat dikaitkan dengan beban iklan dan promosi.
Penelitian ini mengambil periode 1993-2003 untuk pengujian variasi value relevance antar waktu dan tahun 2002-2003 untuk pengujian kaitan value relevance dan beban iklan dan promosi. Penelitian ini menggunakan R2 dari regresi yang disusun berdasarkan model Ohlson (1995) sebagai alat ukurnya.
Hasil dari pengujian tidak menemukan adanya penurunan value relevance laporan keuangan—justru terjadi peningkatan—meski dilakukan analisis tambahan dengan mengeluarkan observasi-observasi yang merupakan (i) perusahaan bare atau (ii) memiliki laba negatif. Analisis terhadap structural break memberikan hasil bahwa peningkatan terjadi pada 1999-2003. Ketidaksesuaian dengan hipotesa ini juga ditemukan pada pengujian kaitan value relevance dan beban iklan dan promosi. Seperti dalam pengujian tren value relevance, pengujian ini juga memberikan hasil yang berkebalikan dengan hipotesa. Hal ini mungkin disebabkan oleh perbedaan prilaku investor Indonesia dan Amerika_tempat teori ini dikembangkan.
Actions (login required)
|
View Item |