KONSTRUKSI SOSIAL OJEK ONLINE PEREMPUAN (STUDI TENTANG OJEK ONLINE PEREMPUAN DI KOTA SURABAYA)

HILMAN RIZKY RAFIDAN, 071311433039 (2019) KONSTRUKSI SOSIAL OJEK ONLINE PEREMPUAN (STUDI TENTANG OJEK ONLINE PEREMPUAN DI KOTA SURABAYA). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.S.16 19 Raf k.pdf

Download (208kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.S.16 19 Raf k.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.S.16 19 Raf k.pdf

Download (757kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini membahas tentang perempuan yang selama ini identik dengan ranah domestik contohnya adalah sebagai ibu rumah tangga. Seiring berkembangnya teknologi dan ilmu pengetahuan muncul suatu terobosan baru sekaligus lapangan pekerjaan baru yang tak memandang persoalan gender. Ojek online kini sudah mulai tersebar hampir di seluruh kota di Indonesia terutama di Surabaya. Karakteristik profesi ojek online yang maskulin kerap kali disandingkan sebagai profesi yang selalu di dominasi oleh para laki-laki, namun kenyataannya mereka harus berbagi posisi dengan para perempuan yang menilai profesi ojek online sebagai suatu manfaat maupun solusi dalam berbagai aspek di kehidupan. Perempuan Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan wawancara mendalam kepada narasumber guna mendapatkan data yang jelas mengenai fokus permasalahan tentang konstruksi sosial ojek online perempuan di Surabaya. Untuk menganalisa realita yang terjadi peneliti menggunakan teori Konstruksi Sosial yang dikemukakan oleh Peter L. Berger. Konstruksi sosial yang terjadi di kalangan ojek online perempuan melalui proses dialektika Eksternalisasi, Obyektifasi, dan Internalisasi. Selain wawancara mendalam dalam memperoleh data, peneliti juga menggunakan jurnal, buku, dan internet untuk memperoleh data dan menganalisis. Berdasarkan proses eksternalisasi hingga obyektivasi menunjukkan bahwa perempuan ojek online memaknai profesinya sebagai pemenuhan kebutuhan ekonominya, untuk keluarga atau diri sendiri. Kedua, perempuan memaknainya sebagai profesi yang memiliki lingkungan pekerjaan yang nyaman. Lingkungan sekitar berperan besar terhadap proses eskternalisasi ojek online perempuan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.S.16/19 Raf k
Uncontrolled Keywords: online, Konstruksi Sosial, Perempuan.
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV697-4959 Protection, assistance and relief > HV697-3024 Special classes > HV1442-1448 Women
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
HILMAN RIZKY RAFIDAN, 071311433039UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSudarso, Drs., MSi.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 25 Jun 2019 08:32
Last Modified: 25 Jun 2019 08:32
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/83757
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item