MENINGKATKAN JUMLAH KUNJUNGAN WISATAWAN (Studi Deskrptif Tentang Upaya Meningkatkan Jumlah Kunjungan Wisatawan Mancanegara di Museum Mpu Tantular oleh Pihak Pengelola)

SANIA LAKSMITA RAHMADHANI, 151611413072 (2018) MENINGKATKAN JUMLAH KUNJUNGAN WISATAWAN (Studi Deskrptif Tentang Upaya Meningkatkan Jumlah Kunjungan Wisatawan Mancanegara di Museum Mpu Tantular oleh Pihak Pengelola). Tugas Akhir D3 thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
FV PW 15-19 Rah m - ABSTRAK.pdf

Download (106kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
FV PW 15-19 Rah m - DAFTAR ISI.pdf

Download (325kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
FV PW 15-19 Rah m - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (122kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FV PW 15-19 Rah m.pdf
Restricted to Registered users only until 26 June 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Museum Negeri Mpu Tantular terletak di Jalan Raya Buduran Kecamatan Buduran, Kabupaten Sidoarjo. Di resmikan pada tanggal 14 Mei 2004 oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Timur, Bapak Dr. H. Rasiyo,Msi. Menurut data jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) di Museum Mpu Tantular mengalami peningkatan pada tahun 2014. Namun, pada tahun 2017 jumlah kunjungan wisman mengalami penurunan drastis selama empat tahun terakhir sebesar 20 persen. Padahal dari persepsi wisatawan mancanegara terhadap peninggalan sejarah di Indonesia cukup positif. Selain itu, jumlah kunjungan wisatawan di Museum Mpu Tantular mengalami peningkatan yang cukup pesat pada tahun 2017. Melihat hal ini, Museum Mpu Tantular perlu mengadakan upaya meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti lebih lanjut tentang upaya meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara di Museum Mpu Tantular oleh pihak pengelola. Metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang menyajikan gambaran mengenai upaya meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara. Dalam pengumpulan datanya, teknik yang dilakukan adalah observasi, wawancara, dan penggunaan data. Hasil analisis data lapangan peneliti menyimpulkan bahwa upaya meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara yaitu ; Pertama melalui penambahan koleksi museum. Dengan cara ini museum memperoleh koleksi terbaru melalui hibah atau hadiah yang diberikan dari masyarakat untuk museum. Selain melalui hibah, koleksi tambahan museum berasal dari penemuan serta dengan adanya anggaran dana yang cukup untuk pengadaan pembaruan koleksi museum. Sehingga dengan adanya penambahan koleksi dapat menarik wisatawan untuk berkunjung ke museum. Kedua melalui media sebagai promosi. Selain menggunakan media cetak seperti majalah atau buku yang dipublikasikan museum melalui perpustakaan, dapat juga melalui media elektronik seperti televisi ataupun sosial media yang sedang marak di kalangan masyarakat.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK2 FV PW 15-19 Rah m
Uncontrolled Keywords: MUSEUM; KUNJUNGAN WISATA; WISATAWAN
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology > GN451-477.7 Intellectual life Including communication, recreation, philosophy, religion, knowledge, etc.
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Kepariwisataan/Bina Wisata
Creators:
CreatorsNIM
SANIA LAKSMITA RAHMADHANI, 151611413072UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNovianto Edi Suharno, SST.Par., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Ani Sistarina
Date Deposited: 26 Jun 2019 03:53
Last Modified: 26 Jun 2019 03:53
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/83847
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item