PENGARUH LAMA WAKTU DAN DOSIS PROBIOTIK PADA FERMENTASI KULIT KOPI (Coffea sp.) TERHADAP KANDUNGAN PROTEIN KASAR DAN SERAT KASAR SEBAGAI PAKAN ALTERNATIF IKAN

NURUL FATMAWATI, 141511133013 (2019) PENGARUH LAMA WAKTU DAN DOSIS PROBIOTIK PADA FERMENTASI KULIT KOPI (Coffea sp.) TERHADAP KANDUNGAN PROTEIN KASAR DAN SERAT KASAR SEBAGAI PAKAN ALTERNATIF IKAN. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (171kB)
[img] Text (Daftar Isi)
Daftar Isi.pdf

Download (169kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (185kB)
[img] Text (Fulltext)
PK BP 85 19 Fat p.pdf
Restricted to Registered users only until 27 June 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kebutuhan pakan dalam kegiatan budidaya ikan sangat dibutuhkan, karena ketersediaan pakan berpengaruh pada pertumbuhan dan kelangsungan hidup. Tingginya harga pakan komersil merupakan salah satu masalah dalam budidaya, sehingga penggunaan bahan pakan alternatif sangat dibutuhkan, yaitu pemanfaatan limbah kulit kopi. Kulit kopi merupakan limbah dari perkebunan kopi yang murah dan mudah didapat, namun belum banyak dimanfaatkan karena memiliki kandungan nutrisi seperti protein rendah dan serat kasar inggi yang perlu diperbaiki untuk menjadi bahan pakan yang berkualitas sebagai pakan alternatif ikan, yaitu dengan cara fermentasi menggunakan probiotik. Proses fermentasi dipengaruhi oleh waktu dan dosis (Aji, dkk 2013). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat interaksi antara lama waktu fermentasi dan dosis probiotik terhadap peningkatan kandungan protein kasar dan penurunan serat kasar pada kulit kopi (Coffea sp.). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan menggunakakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) faktorial dengan 2 faktor, faktor pertama adalah lama waktu fermentasi kulit kopi yang terdiri dari 2 perlakuan yaitu waktu 5 dan 7 hari, sedangkan faktor kedua adalah dosis probiotik yang terdiri dari 4 perlakuan 0%, 1%, 3% dan 5%. Analisis data menggunakan analisis varian dan dilanjutkan Uji Jarak Berganda Duncan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat interaksi antara lama waktu dan dosis probiotik pada fermentasi kulit kopi (Coffea sp.) terhadap kandungan protein kasar dan pada hari ke 5 waktu fermentasi dengan dosis probiotik 5% merupakan hasil kandungan protein kasar yang tertinggi, serta tidak terdapat interaksi antara lama waktu dan dosis probiotik pada fermentasi kulit kopi (Coffea sp.) terhadap kandungan serat kasar dan pada hari ke 7 waktu fermemtasi dengan dosis probiotik 5% merupakan hasil kandungan serat kasar yang terendah. Waktu fermentasi 7 hari dengan dosis 5% merupakan hasil yang terbaik, yaitu dengan terjadi peningkatan protein dari 12,15% menjadi 13,93%, dan penurunan serat dari 34,27% menjadi 30,8%. Peningkatan protein ini terjadi karena berkembangnya bakteri dalam pakan dengan memecah bahan kompleks menjadi sederhana seperti asam amino, sedangkan menurunnya kandungan serat kasar disebabkan oleh bakteri selulolitik yag menghasilkan enzim selulase (Suci, 2005).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK.BP.85/19 Fat p
Uncontrolled Keywords: Kulit kopi, fermentasi, probiotik, protein kasar dan serat kasar
Subjects: T Technology > TS Manufactures > TS2284-2288 Animal feeds and feed mills. Pet food industry
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Budidaya Perairan
Creators:
CreatorsNIM
NURUL FATMAWATI, 141511133013UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMirni Lamid, Prof. Dr.,drh., M.PUNSPECIFIED
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 27 Jun 2019 03:44
Last Modified: 27 Jun 2019 03:44
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/84027
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item