PERBANDINGAN MEDIA WEST AND MCBRIDE’S DENGAN MODIFIKASI UREA PADA MEDIA KULTUR TEKNIS TERHADAP PERTUMBUHAN Sargassum sp.

MUHAMMAD IZZUDIN SYAIFULLAH, 141511133035 (2019) PERBANDINGAN MEDIA WEST AND MCBRIDE’S DENGAN MODIFIKASI UREA PADA MEDIA KULTUR TEKNIS TERHADAP PERTUMBUHAN Sargassum sp. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (524kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (232kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (231kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Rumput laut Sargassum sp. adalah salah satu komoditas unggulan yang memiliki potensial tinggi untuk dikembangkan. Sargassum sp. menghasilkan kandungan senyawa alginat yang digunakan dalam berbagai industri makanan, farmasi, dan kosmetik (Salim dan Ernawati, 2015). Usaha pengembangan budidaya rumput laut harus ditunjang dengan penyediaan benih berkualitas yang berkesinambungan. Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan kultur jaringan. Kultur jaringan merupakan metode mengisolasi bagian tanaman dalam kondisi aseptik. Penggunaan media kultur yang sesuai merupakan syarat mutlak pada kultur jaringan. Bahan-bahan yang dibutuhkan dalam proses pembuatan media kultur cenderung susah ditemukan, sehingga tidak semua masyarakat mampu membuatnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengganti media dari West and Mcbride’s yang mampu menumbuhkan Sargassum sp. pada teknik kultur jaringan dengan media kultur teknis yaitu pupuk-pupuk komersil seperti urea, TSP, ZA, MgSO₄, dan vitamin b₁₂. Penelitian ini dilakukan secara eksperimen dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap dengan tiga perlakuan dan enam ulangan. Parameter utama yang diamati yaitu Spesific Growth Rate / SGR dan Growth Rate / GR. Parameter pendukung yang diamati yaitu kualitas air pada media budidaya. Hasil analisis varian (ANAVA) menunjukkan bahwa setiap perlakuan memberikan pengaruh yang berbeda nyata terhadap Spesific Growth Rate / SGR dan Growth Rate / GR Sargassum sp. (p<0.05). SGR dari yang terendah terdapat pada P1 (0.07%), P3 (0.26%), P2 (0.68%), dan P0 (7.26%). GR dari yang terendah P1 (0.02gram), P3 (0.07gram), P2 (0.18 gram), dan P0 (1.9gram).

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK PK BP 71-19 Sya p
Uncontrolled Keywords: Media West and Mcbride’s;Media Kultur Teknis; Sargassum sp.
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Budidaya Perairan
Creators:
CreatorsNIM
MUHAMMAD IZZUDIN SYAIFULLAH, 141511133035UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMoch. Amin Alamsjah, Prof. , Ir., M.Si., Ph.D.UNSPECIFIED
Thesis advisorBoedi Setya Rahardja, Ir., MP.UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 28 Jun 2019 04:41
Last Modified: 28 Jun 2019 04:41
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/84315
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item