Evaluasi Aktivitas Kaizen dalam Kualitas Proses Pengelasan dan pemakaian Jam Orang pada Divisi General Enginering (GE) di PT PAL Indonesia (PERSERO)

Andre Dwijayanto Witjaksono, 099712812 M (1999) Evaluasi Aktivitas Kaizen dalam Kualitas Proses Pengelasan dan pemakaian Jam Orang pada Divisi General Enginering (GE) di PT PAL Indonesia (PERSERO). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (511kB)
[img] Text (fulltext)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini merupakan studi kasus yang mengevaluasi aktivitas Kaizen, dalam hal proses pengelasan dan pemakaian jam orang, dengan lokasi penelitian di PT. PAL Indonesia, Ujung, Surabaya. Dalam penelitian ini dilakukan empat buah pengamatan, yaitu mengevaluasi ketinggian produk stator frame, proses pengelasan antara rib dengan web plate, proses pengelasan antara web plate dengan web plate, dan pemakaian jam orang. Pengamatan pertama dilakukan dengan memanfaatkan peta kontrol X bar dn R, sedangkan pengamatan kedua dengan peta kontrol u. Desain eksperimen dilakukan dengan pengamatan ketiga, dengan variabel bebas yang dianalisis adalah operator las, obyek pengelasan, dimana variabel tak bebasnya adalah cacat spatter yang ditimbulkan. Pengamatan keempat dilakukan untuk mengevaluasi keberhasilan implementasi kaizen dalam pemakaian jam orang, dengan menggunakan uji t.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK 10/00 Wit e
Uncontrolled Keywords: kaizen, kualitas, engineering
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA213-215 Engineering machinery, tools, and implements
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
Andre Dwijayanto Witjaksono, 099712812 MUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHermawanto, Drs., Ec., MBA., MSc.UNSPECIFIED
Depositing User: Ny Wahyuni -
Date Deposited: 03 Jul 2019 01:59
Last Modified: 03 Jul 2019 01:59
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/84476
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item