LAPORAN LABA/RUGI SEGMENTASI UNTUK MENGEVALUASI PEROLEHAN LABA TIAP SEGMEN PADA HOTEL SAPTA NAWA GRESIK

INDRARSA SATRIADITAMA (2006) LAPORAN LABA/RUGI SEGMENTASI UNTUK MENGEVALUASI PEROLEHAN LABA TIAP SEGMEN PADA HOTEL SAPTA NAWA GRESIK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2006-satriadita-2669-a190_06.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2006-satriadita-2669-a190_06.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Manajemen perusahaan tanpa laporan keuangan labalrugi akan mengalami kesulitan dalam merencanakan laba dan mengambil keputusan di masa yang akan datang, sehingga laporan laporan laba/rugi sangat dibutuhkan oleh setiap perusahaan khususnya perusahaan jasa yang sangat bergantung pada laba perusahaan guna mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan dan untuk berkembang dalam menghadapi persaingan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan dilaksanakan dengan pendekatan kasus. Kasus yang diangkat dalam penelitian ini adalah menganalisis laba tiap segmen pada Hotel Sapta Nawa Gresik dengan menggunakan laporan laba/rugi segmentasi pada tahun 2003 dan tahun 2004. Analisa laba per segmen dilakukan untuk mengetahui laba dari masing-masing segmen yaitu dengan membuat laporan laba/rugi segmentasi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa marjin segmen sewa kamar untuk tahun 2003 sebesar 51,26% dan tahun 2004 sebesar 52,25% sedangkan kenaikan laba sewa kamar adalah sebesar 18,17% dari tahun 2003 sampai dengan tahun 2004, marjin segmen sewa hall untuk tahun 2003 sebesar 47,70% dan tahun 2004 sebesar 46,82% sedangkan kenaikan laba sewa hall adalah sebesar 13,79% dari tahun 2003 sampai dengan tahun 2004 dan marjin segmen coffee shop untuk tahun 2003 sebesar 1,03% dan tahun 2004 sebesar 0,92% sedangkan kenaikan laba coffee shop adalah sebesar 3,92% dari tahun 2003 sampai dengan tahun 2004. Hasil penelitian menunjukkan segmen sewa kamar yang paling besar kenaikan labanya dan segmen coffee shop yang paling rendah kenaikan labanya. Dengan adanya analisa laba per segmen yang dilakukan oleh manajemen perusahan, maka diharapkan dapat meningkatkan laba pada tiap-tiap segmen perusahaan di masa yang akan datang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A.190/06 Sat l
Uncontrolled Keywords: ACTIVITY � BASED COSTING, HOTEL MANAGEMENT
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD6977-7080 Cost and standard of living
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
INDRARSA SATRIADITAMANIM049913062-E
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorYUSTRIDA BERNAWATI, Dra., M.Si., Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Luluk Lusiana
Date Deposited: 18 Oct 2006 12:00
Last Modified: 09 Sep 2016 05:39
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/845
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item