ANALISIS PERMINTAAN DAN RASIONALITAS PENGGUNAAN ANTIBIOTIKA PADA PUSKESMAS DI KABUPATEN SIDOARJO : PENELITIAN ANALISI DISKRIPTIF DAN RETROSPEKTIF

FARIDA ALI NUR, 09 (2000) ANALISIS PERMINTAAN DAN RASIONALITAS PENGGUNAAN ANTIBIOTIKA PADA PUSKESMAS DI KABUPATEN SIDOARJO : PENELITIAN ANALISI DISKRIPTIF DAN RETROSPEKTIF. Doctoral thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRACT)
KK TF.18-00 Nur a ABSTRAK.pdf

Download (43kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
KK TF.18-00 Nur a DAFTAR ISI.pdf

Download (44kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
KK TF.18-00 Nur a DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (62kB)
[img] Text (FULLTEXT)
KK TF.18-00 Nur a TESIS.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penggunaan obat yang tidak nasional merupakan masalah penting yang menimbulkan dampak yang cukup besar dalam mutu pelayanan kesehatan, ketidaktepatan penyediaan obat, dan peningkatan anggaran pemeerintah yang dialokasikan untuk obat, penggunaan obat dikatakan tidak rasional jika tidak dapat dipertanggungjawabkan secara medik baik menyangkut ketepatan jenis, dosis, dan cara pemberian obat. Sehingga perlu sebuah penelitian untuk menganalisis rasionalitas penggunaan antibiotika sebagai salah satu terapi medik. Penelitian merupakan penelitian survei dengan melakukan pengambilan sampel pada Puskesmas di wilayah Kabupaten Sidoarjo, terhadap resep yang mengandung terapi antibiotika didalamnya. Dalam penelitian ini sampel yang digunakan sebanyak 8 Puskesmas di Kabupaten Sidoarjo dengan jumlah resep 1056 lembar. Dengan menggunakan metode statistik deskriptif maka diperoleh kesimpulan sebagai berikut : penggunaan antibiotika pada Puskesmas di Kabupaten Sidoarjo masih belum memenuhi syarat-syarat yang rasional ( hanya 19,60 % yang memenuhi syarat rasional ), ketidakrasionalan terbesar dari pemberian antibiotika terjadi untuk kasus ISPA disusul Piodermi. Jika rasionalitas penggunaan antibiotika terpenuhi pihak Dinas Kesehatan di Kabupaten Sidoarjo sebenarnya dapat melakukan penghematan yang cukup fignifikan yakni sebesar 50,01 % dari total anggaran yang seharusnya dialokasikan sebagai biaya obat.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Additional Information: KK TF.18/00 Nur a
Uncontrolled Keywords: Rational, description statistical method
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology > RM300-666 Drugs and their actions
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Farmasi
Creators:
CreatorsNIM
FARIDA ALI NUR, 09UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorA. Aziz HubeisUNSPECIFIED
Thesis advisorWIDJI SOERATRI, Dr., Apt. DEA.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 12 Jul 2019 08:46
Last Modified: 12 Jul 2019 08:46
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/84965
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item