FARIS HERY SETIABUDI, 040016700
(2005)
PENGARUH MOTIVASI BELAJAR EKSTRINSIK DAN MOTIVASI BELAJAR INTRINSIK SERTA KUALITAS PENGAJARAN TERHADAP MINAT BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS AIRLANGGA SURABAYA.
Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Abstract
Minat belajar adalah kecenderungan hati yang tinggi untuk belajar, mendapatkan informasi , pengetahuan, kecakapan, melelui usaha, pengajaran, atau pengalaman. Belajar dengan minat akan mendorong peserta didik untuk belajar lebih balk danpada belajar tanpa minat, minat bulbul apabila mund tertank akan sesuatu karena sesuai dengan kebutuhannya atau merasakan bahwa sesuatu yang akan dipelajarinya bennakna bagi dirinya.
Mengajar adalah suatu aktivitas untuk mencoba menolong, membimbing seseorang untuk mendapatkan, mengubah atau mengembangkan skill, attitude, ideals, appreciations, dan knowledge. Suatu pengajaran yang berkualitas dapat ditunjukkan melalui pemenuhan beberapa faktor seperti: learning, enthusiasm, organization, interaction, rapport, breadth, assignment dan material. Motivasi belajar adalah dorongan atau stimulus yang datang dari dalain batin atau hati seseorang, yang menggerakkan perilaku belajarnya untuk memenuhi kebutuhan atau mencapai sasaran yang ditujunya, hanya apabila mempunyai motivasi yang kuat, peserta didik akan menunjukkan minat, aktivitas dan partisipasinya dalam mengikuti kegiatan belajar atau pendidikan yang sedang dilaksanakan. Dengan kata lain untuk melakukan sesuatu harus ada motivasi, begitu juga keadaannya dalam proses belajar atau pendidikan, peserta didik hams mempunyai motivasi untuk mengikuti kegiatan belajar atau pendidikan yang sedang berlangsung.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pengajaran, motivasi belajar ekstrinsik dan motivasi belajar intrinsik terhadap minat belajar mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Airlangga. Penelitian ini menggunakan kuesioner dengan teknik pengambilan sampel Proportional Stratified Random Sampling. Adapun dalam penelitian ini, jumlah sampel yang digunakan sebesar 243 orang mahasiswa dari jumlah populasi sebesar 789 orang mahasiswa yang mengambil Mata Kuliah Pilihan-Wajib Konsentrasi (MKP-WK) di Fakultas Ekonomi Program Studi Manajemen Universitas Airlangga pada semester gasal Tahun Ajaran 2004/2005. Berdasarkan uji statistik regresi linier berganda_ didapatkan hasil penelitian yang menunjukkan F hitung sebesar 144,089 lebih besar dan nilai F tabel sebesar 2,64 dengan nilai R2 sebesar 0.644 yang berarti kr;alitas pengajaran motivasi belajar ekstrinsik dan motivasi belajar intrinsik secara bran i-sama dapat menjelackan 64,4 % variabilitas minat belajar mahasiswa, sedangkan sisanva sebesar 35,.6% dliialad-an obeli %;ariahal lain di liiar penelitian, diketahui pula thitung kualitas pengajaran, motivasi belajar ekstrinsik dan motivasi belajar intrinsik secara berturut-turut sebesar 10,046, 10,339 dan 6,857 lebih besar dari ttabel sebesar 1,960 dengan tingkat signifikansi 0.000. Dengan demikian hipotesis penelitian yang berbunyi: "Kualitas pengajaran, motivasi belajar ekstrinsik dan motivasi belajar intrinsik memiliki pengaruh yang signifikan secara simultan dan parsial terhadap minat belajar mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonom Universitas Airlangga Surabaya”, dapat dibuktikan kebenarannya.
Actions (login required)
|
View Item |