ANALISI REAKSI PASAR TEHADAP PENGUMUMAN KEBIJAKSAAN PEMOTONGAN DIVIDEN PADA BURSA EVEK JAKARTA ( STUDI EMPIRIS DI BURSA EFEK JAKARTA PERIODE 1994 - 1997 )

AGUS SUKARNO, 099913452 M (2001) ANALISI REAKSI PASAR TEHADAP PENGUMUMAN KEBIJAKSAAN PEMOTONGAN DIVIDEN PADA BURSA EVEK JAKARTA ( STUDI EMPIRIS DI BURSA EFEK JAKARTA PERIODE 1994 - 1997 ). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
te 66-01 suk a ABSTRAK.pdf

Download (634kB)
[img] Text (FULLTEXT)
te 66-01 suk a.pdf
Restricted to Registered users only until 18 July 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini menguji reaksi pasar temadep kebijaksanaan pemotongan dlvlden pada Borse EfekJakarta salama periode 1994-1997. Melalui ketootuan kriteria pengambilan sampel perusahaan yang minimal selama dUB tehun berturuHurut membayar divklen secara telap alau menalk da.n kemlKlian memotong dividennya, lerimmput 51 perusahaan yang digunakan sebagai sampel. Proksi yang digunakan bagi reaksi pasar terhadap kebijakssnaan pemotQngan divlden adalah Abnormal Retum. Pefle!itian Inl menggunakan model t)Oa~sis &V6nt ~Iudy dan regresi Iinie" bef!l8nda. Event Study digunakan unluk melihat reeksi pesar teme-dap kebijaksanaan pemotongan dividen. Sedangkan model Regresi Unler Berganda digunakan unluk melihat per,garuh variabel-variabel karakteristik perusahaan temadap AbflOl"mBl Return yang diterima investor pada ssa! leljadi kebijaksanll.8n pemotongan dividen. Event Study dilakukan dengan menggunakan teknik Single Index Market Modf1/ untuk mengistimasi expected retum. Hasil pengujian menunjukkan adanya Abnormal Return yang negalif dan signifikan pads han kejadian. Bukli ini menunJukkan bahwa pasar bereaksi negatif pada saat kabijaksanaan pemotongan diviclen atau denoan kata lain investot masih meodapalkan Abnwmaf Return yang /lega\if dBflQ8n adsnre kebijeksanaan pemo1ongan dividen pede Bursa Efek Jakarta. Pengujian dengan snali5ls regresi iinier berganda dilakukan dengan meoggunakan Abnormal Return sebagai varia\>el terikat dengan detapan variabel bebas. Variabel babas yang digunakan dalem model adalah persentase penurunan dividen (percul), ukuran perusahaan (size). resiko saham (Beta), kinerja saham (Carm), variasi poIa eaming (resvafJ dan dua veriabel dummy yallu ada tidaknya pangumumen penurunen earning sebe\umnya (iprev) dan ada tidaknya pembagian stock dividend bersamaen dengan pemotongan diylden (5Ikdiv). Hasil pengujian dangan 8nafisis 1inler berganda menunjukken lima variabei bebas yang signifikan yailu ukurAn parusahaan (size), kinerja saham (C8nn), variasi pola eaffling (resvar). pengumuman penurunan eaming sebelumnya (iprev), Kebersamaan pengumuman stock dividend dengan pengumuman pemolongan diyiden (stl<div). Sedangkan dua vanabel yang tidak signifikan yailu resiko saham (bela) dan persentase penurunan dividen (percu/). Hal ini berart] kebijaksanaan pemotongan dividen pads Bursa Efek Jakarta mempunyai muslsn informasl yang digunakan oleh investor sebag!li dasar deism pengambilan kepulusan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TE 66/01 Suk a
Uncontrolled Keywords: ANALISI REAKSI PASAR TEHADAP PENGUMUMAN KEBIJAKSAAN PEMOTONGAN DIVIDEN PADA BURSA EVEK JAKARTA ( STUDI EMPIRIS DI BURSA EFEK JAKARTA PERIODE 1994 - 1997 )
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HF Commerce > HF5546-5548.6 Office management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
AGUS SUKARNO, 099913452 MUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDJONI BUDIARDJO, Drs. , M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 18 Jul 2019 06:22
Last Modified: 18 Jul 2019 06:22
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/85207
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item