Pengaruh Gliserin dan Propilenglikol Terhadap Karakteristik Fisik, Kimia, dan SPF Sediaan Krim Tipe O/W Ekstrak Biji Kakao (Theobroma cacao L.) (Kadar Ekstrak Kakao 10%, 15% dan 20%)

Esti Hendradi and Uswatun Chasanah and Tiara Indriani and Fidela Fionnayuristy (2013) Pengaruh Gliserin dan Propilenglikol Terhadap Karakteristik Fisik, Kimia, dan SPF Sediaan Krim Tipe O/W Ekstrak Biji Kakao (Theobroma cacao L.) (Kadar Ekstrak Kakao 10%, 15% dan 20%). PharmaScientia, 2 (1). pp. 31-42. ISSN 2302-0725

[img] Text (FULLTEXT)
C-32.pdf

Download (6MB)
[img] Text (PEER REVIEW)
C-32 Reviewer-.pdf

Download (1MB)
[img] Text (fulltext)
C-32.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://journal.unair.ac.id/PHARM@pengaruh-gliserin...

Abstract

Kakao (Theobroma Cacao Linn) adalah salah satu tanaman yang hasil olahannya dapat digunakan untuk bahan dasar kosmetika. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh humektan gliserin dan propilenglikol terhadap karakteristik fisik, pH, SPF dan aseptabilitas sedian krim tipe O/W ekstrak kakao dengan kadar 10%, 15%, dan 20%. Evaluasi adalah tipe emulsi, organoleptis, viskositas, pH dan nilai SPF. Hasil tipe krim semua sediaan O/W. Pengamatan organoleptis sediaan dengan humektan gliserin 10% (IA), 15% (IB) dan 20% (IC) serta sediaan dengan humektan propilenglikol 10% (IIA), 15% (IIB) dan 20% (IIC) memiliki tekstur lembut, bau cokelat dan warna sediaan coklat. Hasil analisis One-Way Anova untuk viskositas sediaan krim dengan humektan gliserin yang berbeda bermakna adalah sediaan IA dan IC. Sedangkan viskositas antar sediaan dengan humektan propilenglikol yaitu IIA, IIB dan IIC tidak terdapat perbedaan bermakna. Nilai pH sediaan dengan kadar ekstrak kakao berbeda untuk sediaan dengan gliserin maupun propilenglikol didapatkan perbedaan bermakna, pH antar sediaan dengan gliserin dan propilenglikol dengan kadar ekstrak kakao yang sama tidak berbeda bermakna. Untuk semua formula nilai SPF didapat hasil sangat kecil yaitu dibawah 2. Untuk aseptabilitas semua formula nilainya ≥ 70% kecuali formula IC untuk kemudahan diratakan nilainya < 70%. Berdasarkan hasil, formula yang terbaik adalah IIC.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: ekstrak biji kakao, krim, gliserin, propilenglikol, sun protection factor (SPF)
Subjects: R Medicine
R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: 05. Fakultas Farmasi
Creators:
CreatorsNIM
Esti HendradiNIDN0014115703
Uswatun ChasanahUNSPECIFIED
Tiara IndrianiUNSPECIFIED
Fidela FionnayuristyUNSPECIFIED
Depositing User: Mr M. Fuad Sofyan
Date Deposited: 16 Sep 2019 01:48
Last Modified: 16 Jan 2020 04:51
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/86372
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item