TANGGUNG GUGAT PENGEMBANG TERHADAP KERUGIAN KONSUMEN AKIBAT PERISTIWA GEMPA BUMI (STUDI KASUS DI LOMBOK)

AYU PUTRI AZAHRAWANY, 031714153029 (2019) TANGGUNG GUGAT PENGEMBANG TERHADAP KERUGIAN KONSUMEN AKIBAT PERISTIWA GEMPA BUMI (STUDI KASUS DI LOMBOK). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
THB. 13-19 Aza t ABSTRAK.pdf

Download (280kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
THB. 13-19 Aza t DAFTAR ISI.pdf

Download (172kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
THB. 13-19 Aza t DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (234kB)
[img] Text (FULLTEXT)
THB. 13-19 Aza t.pdf
Restricted to Registered users only until 16 September 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini adalah Adanya ketidakjelasan mengenai batas-batas dan syarat-syarat yang jelas mengenai Force Majeure dan kontradiktif kepentingan antara Undang-Undang Perlindungan Konsumen dan ketentuan Force Majeure apabila terjadi bencana alam inilah yang mengakibatkan ketidak jelasan pihak mana yang wajib bertanggung jawab apabila terjadi kerusakan bangunan rumah akibat gempa bumi. Untuk mengetahui jawaban dari masalah yang diajukan, dilakukan penelitian dalam bentuk metode yuridis normative yaitu pendekatan perundang-undangan dan pendekatan konseptual serta pendekatan kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Gempa bumi Lombok merupakan keadaan memaksa/ Force Majeure. Peristiwa Force Majeure dapat menjadi dasar bagi pelaku usaha untuk membebaskan diri dari kewajiban dalam suatu perjanjian, Oleh karena itu pengembang dibebaskan dari kewajiban untuk memenuhi kewajiban menyerahkan objek perjanjian (bangunan rumah) kepada konsumen sekaligus kewajiban memberikan ganti kerugiaan. Bentuk perlindungan Hukum bagi konsumen atas kegagalan pelaku usaha menyerahkan bangunan rumah akibat persitiwa Force Majeure adalah mendapatkan pengembalian harga yang telah dibayarkan kepada pelaku usaha. apabila pelaku usaha menolak pengembalian harga yang telah dibayarkan oleh konsumen, Maka konsumen dapat menegakkan haknya melalui penyelesaian sengketa di Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen atau di Pengadilan Negeri.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 THB. 13-19 Aza t
Uncontrolled Keywords: Keadaan Memaksa, Tanggung Gugat, Pengembang
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG8011-9999 Insurance > HG8053.5-8054.45 Insurance for professions. Malpractice insurance. Professional liability insurance
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Magister Hukum Bisnis
Creators:
CreatorsNIM
AYU PUTRI AZAHRAWANY, 031714153029UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorGIANTO AL IMRON, '0010067203UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 14 Sep 2019 08:26
Last Modified: 14 Sep 2019 08:26
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/86719
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item