Strategi Viral Marketing Oleh UMKM Jokopi Melalui Instagram Dalam Membangun Brand Awareness

Grandy Bagas Prawira Rachmanda, 071511533027 (2019) Strategi Viral Marketing Oleh UMKM Jokopi Melalui Instagram Dalam Membangun Brand Awareness. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (81kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (105kB)
[img] Text
Fis k 78 19 Rac s JURNAL.pdf

Download (311kB)
[img] Text (FULLTEXT)
Fis k 78 19 Rac s.pdf
Restricted to Registered users only until 20 September 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana strategi viral marketing melalui Instagram oleh UMKM Jokopi dalam membangun brand awareness. Di era digital saat ini, media sosial telah menjadi salah satu alat promosi, faktanya hanya ada 5% UMKM di Indonesia yang menggunakan media sosial dalam melakukan promosi. Jokopi sebagai salah satu UMKM yang telah menggunakan media sosial Instagram sebagai alat promosi telah dapat membuka 2 cabang di Surabaya dalam waktu satu tahun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam kepada owner, marketing, dan pengelola akun Instagram Jokopi. Data lainnya diperoleh melalui obervasi dan dokumentasi . Data dianalisis dengan tahapan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa strategi viral marketing oleh UMKM Jokopi telah diterapkan dalam empat tahapan. Tahapan yang pertama yaitu perumusan strategi viral marketing, Jokopi mengidentifikasi event atau hari besar. Tahapan kedua yaitu perencanaan, Jokopi memanfaatkan momentum untuk mempromosikan sebiah konten video promosi dan menyiapkan pesan-pesan dengan menggunakan soft sell dengan menggunakan fitur-fitur story, #Hastag, dan @tagged, juga program diskon seperti apa yang akan digunakan. #Hastag yang digunakan yaitu #WargaJokopi yang menjadi sebuah simbol gengsi bagi konsumen Jokopi untuk mengaktualisasikan dirinya di Story Instagram. Tahapan ketiga yaitu tahapan implementasi, Jokopi memilih untuk berkolaborasi dengan komunitas dan memanfaatkan jarngan yang ada untuk memviralkan sebuah konten promosi. Dan tahapan keempat yaitu evaluasi, Jokopi memberikan feedback dari tanggapan promosi tersebut melalui direct message. Untuk membangun brand awareness melalui Instagram, Jokopi memfokuskan pada ikon Jokopi, menggunakan konsep coffee to go, mempertahankan guideline dan desain, dan memulai dari Skala terkecil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS K 78/19 Rac s
Uncontrolled Keywords: Strategi Viral Marketing, Komunikasi Pemasaran Online, Brand Awareness, Instagram, UMKM.
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
Grandy Bagas Prawira Rachmanda, 071511533027UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNurul Ratna sari, S.IP,M.Comm., NIDN: '0013068301UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 20 Sep 2019 08:04
Last Modified: 20 Sep 2019 08:04
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/87188
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item