KETERTARIKAN KALANGAN ANAK MUDA TERHADAP MAJELIS DZIKIR Copler Community (Studi tentang makna dan tindakan sosial)

WINDA DESY SAPUTRI, 071511433004 (2019) KETERTARIKAN KALANGAN ANAK MUDA TERHADAP MAJELIS DZIKIR Copler Community (Studi tentang makna dan tindakan sosial). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (98kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (150kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (102kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FIS S 52 19 Sap k.PDF
Restricted to Registered users only until 25 September 2022.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
JURNAL WINDA DESY SAPUTRI_NIM 071511433004 .PDF.pdf

Download (224kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Copler Community yaitu kelompok Istighotsah dan manaqib yang didominasi oleh anak muda dengan tujuan untuk menarik anak muda agar mau mengikuti dan berperan serta dalam kegiatan keagamaan seperti Istighotsah dan Manaqib tersebut. Gus Nurul Yaqin atau disebut Gus Nico adalah penggagas dari Copler Comunity. Fokus permasalahan pada skripsi ini adalah mengetahui ketertarikan kalangan anak muda terhadap Copler Community serta makna dari Copler Community. Penelitian ini menggunakan kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, teori yang digunakan adalah tindakan sosial dan teori makna konsep verstehende dari Max Weber. Secara metodologis menggunakan paradigma definisi sosial dan teknik penentuan informan menggunakan teknik snowball. Hasil penelitian menunjukkan variasi jawaban tentang orientasi tindakan yaitu tindakan rasional instrumental, adanya tujuan yang ingin didapat, tindakan rasional nilai yaitu nilai yang terkandung dalam pola dakwah Copler Community serta adanya tujuan untuk bertaubat dan mendekatkan diri kepada Allah, tindakan afektif yaitu perasaan tenang dan tenteram setelah mengikuti kegiatan majelis dzikir, tindakan tradisional yaitu mengikuti majelis dzikir menjadi kebiasaan yang dilakukan sejak lama. Anggota yang tertarik dengan Copler Community atas keinginan sendiri memaknai Copler Community sebagai kegiatan yang positif yaitu untuk mendekatkan diri kepada Allah. Anggota yang tertarik dengan Copler Community atas ajakan yaitu melalui perintah orang tua memaknai Copler Community sebagai kebebasan dalam menjalankan kehidupan yaitu dengan menyeimbangkan kehidupan di dunia dengan kehidupan akhirat. Anggota yang tertarik dengan Copler Community atas ajakan yaitu melalui informasi mengenai kegiatan Copler Community di media sosial online memaknai Copler Community dengan berbeda-beda, seperti mencari ketenangan hati dan ketentraman jiwa, anggota mengaku senang dan menganggap Breetdd (minum minuman keras) adalah untuk menarik kalangan anak muda tergabung dalam Copler Community.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS S 52/19 Sap k
Uncontrolled Keywords: Majelis dzikir, Copler Community, ketertarikan dan makna.
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K201-487 Jurisprudence. Philosophy and theory of law > K321-474 Schools of legal theory > K366-380 Sociology of law. Sociological jurisprudence
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
WINDA DESY SAPUTRI, 071511433004UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDra. Udji Asiyah, M.Si., NIDN: '0029015502UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 25 Sep 2019 07:30
Last Modified: 25 Sep 2019 07:30
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/87543
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item