GERAKAN PETANI: STUDI STRATEGI MOBILISASI GERAKAN MENUNTUT UNDERPASS TOL PASURUAN-PROBOLINGGO OLEH PETANI DESA KLAMPOK KABUPATEN PROBOLINGGO

ALFIAN FAJAR, 071511333092 (2019) GERAKAN PETANI: STUDI STRATEGI MOBILISASI GERAKAN MENUNTUT UNDERPASS TOL PASURUAN-PROBOLINGGO OLEH PETANI DESA KLAMPOK KABUPATEN PROBOLINGGO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (32kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (37kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (36kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FIS P 52 19 Faj g.pdf
Restricted to Registered users only until 1 October 2022.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
jurnal Alfian Fajar 2019.pdf

Download (162kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perkembangan tol trans jawa yang selama ini menjadi insfratruktur yang berguna sebagai penyambung dari beberapa daerah. Namun dibalik kemegahan tol yang rencananya dibangun dari Jakarta hingga Banyuwangi ada beberapa penolakan hingga tuntutan dari berbagai kalangan. Terutama bagi warga Desa Klampok yang jalan menuju lahan pertaniannya terputus akibat proyek Tol Paspro. Sehingga warga berinsiasi untuk mengadakan aksi demostrasi untuk meminta jalan tembus sebagai pengganti empat jalan penghubung yang digunakan warga menuju ke lahan pertanian. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui proses pembentukan hingga berjalannya sebuah gerakan petani yang melakukan mobilisasi massa agar dapat memperoleh tujuannya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan model deskriptif menggunakan teknik wawancara dalam menggali data dengan menggunakan teori mobilisasi sumberdaya. Dalam penelitian ini membedah strategi mobilisasi yang digunakan gerakan petani sehingga dapat melihat efektifitas gerakan. Gerakan petani berdiri akibat ketidakpuasan petani dengan berbagai pihak baik dari pemerintah, pihak swasta, aparat kemanan dan lembaga swadaya masyarakat. Pertentangan antar kelompok tani untuk merumuskan jalan pengganti antara underpass dan frontage konflik di Desa Klampok. Hingga pada akhirnya terbangunlah jalan frontage.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS P 52/19 Faj g
Uncontrolled Keywords: Gerakan Petani, Strategi Mobilisasi, Jalan Tembus, Demontrasi
Subjects: J Political Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Creators:
CreatorsNIM
ALFIAN FAJAR, 071511333092UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDrs. AriBowo, MS, NIDN: '0001085804UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 01 Oct 2019 07:04
Last Modified: 01 Oct 2019 07:04
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/88057
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item