PARTISIPASI PEMILIH PEMULA DI PILEG 2019(Peran KPU Kabupaten Jombang dalam Meningkatkan Partisipasi Pemilih Pemula di Pileg 2019)

Helmi Egga Audiansyah, 071511333001 (2019) PARTISIPASI PEMILIH PEMULA DI PILEG 2019(Peran KPU Kabupaten Jombang dalam Meningkatkan Partisipasi Pemilih Pemula di Pileg 2019). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (32kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (38kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (40kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FIS P 69 19 Aud p.pdf
Restricted to Registered users only until 1 October 2022.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
Jurnal Semoga Selesai.pdf

Download (122kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini akan berfokus pada partisipasi politik yang terjadi di Kabupaten Jombang terkait dengan bagaimana KPU Kabupaten Jombang meningkatkan partisipasi pemlih terutama pemilih pemula pada Pemilihan Legislatif 2019. Pemilih pemula perlu diperhatikan dalam pemilu kali ini karena terdapat beberapa faktor. Selain Pemilu 2019 ini sistem yang digunakan berbeda dengan pemilu-pemilu sebelumnya. Pemilih pemula merupakan pemilih yang baru saja mengikuti pemilu jadi pantas diperhatikan. Selain itu dengan keterbatasan pendidikan politik yang dimiliki oleh pemilih pemula dan masih mudah terpengaruhnya pilihan dari pemilih pemula oleh sekitar. Dan kurang minatnya pemilih pemula akan pemilu atau politik Hadirnya KPU ini bagi pemilih pemula adalah untuk memberikan edukasi akan politik terhadap pemilih pemula seminimalnya pengetahuan akan Pemilu 2019. Untuk membantu menganilisis data yang diperoleh peneliti menggunakan teori partisipasi. Dan metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah dalam meningkatkan partisipasi pemilih pemula KPU Kabupaten Jombang melakukan sosialisasi langsung dan tidak langsung. Sosialisasi langsung KPU Kabupaten Jombang memiliki Relawan Demokrasi yang dapat dikatakan sebagai panjang tangan dari KPU dalam melakukan sosialisasi. Sosialisasi secara tidak langsung KPU melakukannya melewati media sosial, cetak maupun elektronik. Selain itu KPU Kabupaten Jombang juga mengadakan acara konser band musik agar dapat menarik perhatian pemilih pemula. Selain itu KPU Kabupaten Jombang juga hadir dalam acara Car Free Day setiap minggunya untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat yang hadri dalam kegiatan tersebut. Kendala yang dialami oleh KPU Kabupaten Jombang selama melakukan sosialisasi adalah anggaran yang sedikit sehinggat tidak dapat mengundang lebih banyak perwakilan sekolah dan perguruan tinggi. Terlalu sempit waktu yang dimiliki untuk melakukan sosialisasi karena jarak antara Pilkada 2018 dengan Pemilu 2019 yang tidak sampai satu tahun dan kurangnya SDM dalam melakukan sosialisasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS P 69 19 Aud p
Uncontrolled Keywords: Partisipasi, Pemilih Pemula dan KPU
Subjects: J Political Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Creators:
CreatorsNIM
Helmi Egga Audiansyah, 071511333001UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAli Sahab, S.IP,M.Si, NIDN: '0003068201UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 01 Oct 2019 09:17
Last Modified: 01 Oct 2019 09:17
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/88093
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item