PERAN LAZ DALAM MENGELOLA DANA ZAKAT PRODUKTIF TERHADAP KEBERHASILAN USAHA MUSTAHIQ (Studi Kasus LAZ Inisiatif Zakat Indonesia di Surabaya)

RACHMAT DARMAWAN, 041411431032 (2019) PERAN LAZ DALAM MENGELOLA DANA ZAKAT PRODUKTIF TERHADAP KEBERHASILAN USAHA MUSTAHIQ (Studi Kasus LAZ Inisiatif Zakat Indonesia di Surabaya). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK .pdf

Download (120kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI .pdf

Download (94kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (115kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FEB.EI 194-19 Dar p.pdf
Restricted to Registered users only until 4 October 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran zakat produktif yang dikelola oleh LAZ IZI yang berperan terhadap peningkatan keberhasilan usaha mustahiq di Kota Surabaya. Terdapat lima standar yang dapat digunakan dalam mengukur peningkatan keberhasilan usaha dari mustahiq yaitu standar peningkatan modal, peningkatan pendapatan, peningkatan produksi, dan peningkatan jumlah konsumen, serta peningkatan amal jariyah mustahiq. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara langsung, dokumentasi dan observasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis naratif-deskriptif. Kemudian untuk mengetahui keabsahan data, peneliti menggunakan teknik triangulasi dengan cara memastikan dan memeriksa silang hasil temuan data primer dan data sekunder. Hasil penelitian ini adalah para mustahiq mengalami peningkatan modal, peningkatan pendapatan, peningkatan produksi, peningkatan jumlah konsumen dan peningkatan amal jariyah setelah menerima bantuan. Para informan merasakan usaha yang mereka jalankan mengalami keberhasilan. Keberhasilan usaha mustahiq dapat dilihat dari kenaikan semua indikator yang telah disebutkan. Pengawasan dan pendampingan yang dilakukan oleh LAZ IZI Surabaya dirasa sangat bermanfaat dalam memotivasi dan memberi semangat mustahiq dalam terus berusaha. Selain itu, mereka mampu menyisihkan sebagian harta untuk diberikan kepada yang berhak yang disebut amal jariyah mustahiq.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FEB.EI 194/19 Dar p
Uncontrolled Keywords: Productive Zakat, Mustahiq, Utilization, Business Success
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc > BP174-190 The practice of Islam
H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Creators:
CreatorsNIM
RACHMAT DARMAWAN, 041411431032UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSUNAN FANANI, NIDN: 0025127606UNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 04 Oct 2019 08:54
Last Modified: 04 Oct 2019 08:54
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/88280
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item