PEMBERIAN PROBIOTIK DENGAN FREKUENSI BERBEDA TERHADAP LAJU PERTUMBUHAN, EFISIENSI PAKAN, DAN RETENSI PROTEIN UDANG VANAME (Litopenaeus vannamei) DI BAK TERPAL = ADDITION OF PROBIOTICS WITH DIFFERENT FREQUENCY ON GROWTH RATE, FEED EFFICIENCY, AND PROTEIN RETENTION OF WHITE SHRIMP (Litopenaeus vannamei) AT TARPAULIN POND

GAIDA FAIRUZ AMALIA, 141511133122 (2019) PEMBERIAN PROBIOTIK DENGAN FREKUENSI BERBEDA TERHADAP LAJU PERTUMBUHAN, EFISIENSI PAKAN, DAN RETENSI PROTEIN UDANG VANAME (Litopenaeus vannamei) DI BAK TERPAL = ADDITION OF PROBIOTICS WITH DIFFERENT FREQUENCY ON GROWTH RATE, FEED EFFICIENCY, AND PROTEIN RETENTION OF WHITE SHRIMP (Litopenaeus vannamei) AT TARPAULIN POND. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRACT)
KKC KK PK.BP.216-19 Ama p ABSTRAK.pdf

Download (42kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
KKC KK PK.BP.216-19 Ama p DAFTAR ISI.pdf

Download (42kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
KKC KK PK.BP.216-19 Ama p DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (68kB)
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK PK.BP.216-19 Ama p SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only until 9 October 2022.

Download (929kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Permintaan udang vaname yang sangat tinggi menyebabkan perkembangan budidaya udang dengan menerapkan sistem intensif mengalami peningkatan. Hal ini menyebabkan kualitas air pada tambak pemeliharaan menurun. Dampak lanjutan yang terjadi yaitu berbagai serangan penyakit yang dapat menyebabkan kematian, sehingga menimbulkan kerugian yang sangat besar. Langkah untuk mencegahnya dapat dilakukan dengan penggunaan probiotik. Aplikasi probiotik pada kolam dapat mempertahankan kualitas air dan menghambat pertumbuhan mikroorganisme patogen. Selain itu, aplikasi probiotik tersebut dapat masuk kedalam saluran pencernaan, sehingga probiotik dapat mengatur lingkungan mikrobia dan menghalangi mikroorganisme patogen usus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian probiotik dengan frekuensi berbeda terhadap peningkatan laju pertumbuhan, efisiensi pakan, dan retensi protein udang vaname. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimental. Rancangan penelitian yang digunakan yaitu Uji T tidak berpasangan dengan 2 perlakuan yang digunakan yaitu pemberian probiotik dengan frekuensi 2x/minggu (P1) dan 3x/minggu (P2). Analisis uji beda dua mean menggunakan distribusi normal, pengujian beda dua mean menggunakan uji statistik independent-samples T test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian probiotik dengan frekuensi berbeda memberikan perbedaan nyata (p<0,05) terhadap rata-rata hasil laju pertumbuhan, efisiensi pakan, dan retensi protein udang vaname pada pemberian probiotik 2x dan 3x/minggu. Pemberian probiotik 3x/minggu mampu meningkatkan laju pertumbuhan, efisiensi pakan, dan retensi protein udang vaname yang lebih baik dibandingkan pemberian probiotik 2x/minggu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK.BP.216/19 Ama p
Subjects: Q Science > QL Zoology > QL614-639.8 Fishes
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Budidaya Perairan
Creators:
CreatorsNIM
GAIDA FAIRUZ AMALIA, 141511133122UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAkhmad Taufiq Mukti, 0008037404UNSPECIFIED
Thesis advisorWoro Hastuti Satyantini, 0007096103UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 09 Oct 2019 10:22
Last Modified: 09 Oct 2019 10:22
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/88677
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item