KOMODIFIKASI LAKI-LAKI DALAM IKLAN KOSMETIK SHISEIDO “THE SECRET OF HIGH SCHOOL GIRLS”

DITA RISTANTI, 121311333022 (2019) KOMODIFIKASI LAKI-LAKI DALAM IKLAN KOSMETIK SHISEIDO “THE SECRET OF HIGH SCHOOL GIRLS”. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
FS.J.17-19 Ris k abstrak.pdf

Download (526kB)
[img] Text
FS.J.17-19 Ris k daftar isi.pdf

Download (375kB)
[img] Text
FS.J.17-19 Ris k daftar pustaka.pdf

Download (699kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FS.J.17-19 Ris k.pdf
Restricted to Registered users only until 10 October 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Iklan mempersuasi khalayaknya melalui upaya-upaya tertentu seperti membuat konten yang menarik. Upaya iklan untuk menarik perhatian khalayak tersebut disebut komodifikasi. Oleh karena itu, iklan memerlukan komodifikasi untuk mempersuasi khalayaknya. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti komodifikasi laki-laki yang terdapat dalam iklan Shiseido ”Meeku Joshi Kousei No Himitsu” 資生堂『メーク女子高生のヒミツ』(Shiseido “The Secret of High School Girls”). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat komodifikasi laki-laki di dalamnya. Mosco membagi komodifikasi menjadi tiga jenis, antara lain komodifikasi konten, komodifikasi khalayak, dan komodifikasi pekerja. Dari ketiga jenis komodifikasi yang disebutkan oleh Mosco tersebut, penulis hanya menggunakan komodifikasi konten untuk melihat komodifikasi laki-laki dalam iklan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif sebagai meteode penelitian. Analisis data dilakukan dengan membagi tahapan analisis data menjadi tiga, yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah 1) terdapat komodifikasi dalam konten iklan Shiseido ”Meeku Joshi Kousei No Himitsu” 資生堂『メーク女子高生のヒミツ』(Shiseido “The Secret of High School Girls”). Adapun konten-konten tersebut adalah judul, latar SMA, soundtrack, slogan, dan model laki-laki; 2) komodifikasi laki-laki dalam iklan Shiseido ”Meeku Joshi Kousei No Himitsu” 資生堂『メーク女子高生のヒミツ』(Shiseido “The Secret of High School Girls”) terjadi dengan adanya pertukaran nilai tubuh laki-laki dengan nilai lain, yaitu kecantikan joshi kousei, citra produk Shiseido, dan ideologi “semangat untuk menjadi cantik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS.J 17/19 Ris k
Uncontrolled Keywords: iklan, joshi kousei, komodifikasi, Shiseido.
Subjects: P Language and Literature
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Jepang
Creators:
CreatorsNIM
DITA RISTANTI, 121311333022UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRahaditya Puspa Kirana, M.Hum., NIDN: '0009018804UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 10 Oct 2019 10:11
Last Modified: 10 Oct 2019 10:11
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/88795
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item