PENGARUH BIG FIVE PERSONALITY DAN LEARNING GOAL ORIENTATION TERHADAP ADAPTABILITAS KARIR SISWA SMK NEGERI “X” MALANG

JATI FATMAWIYATI, 111714253003 (2019) PENGARUH BIG FIVE PERSONALITY DAN LEARNING GOAL ORIENTATION TERHADAP ADAPTABILITAS KARIR SISWA SMK NEGERI “X” MALANG. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
TPsi. 38-19 Fat p abstrak.pdf

Download (328kB)
[img] Text
TPsi. 38-19 Fat p daftar isi.pdf

Download (106kB)
[img] Text
TPsi. 38-19 Fat p daftar pustaka.pdf

Download (363kB)
[img] Text (FULLTEXT)
TPsi. 38-19 Fat p.pdf
Restricted to Registered users only until 11 October 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara big five personality dan learning goal orientation terhadap adaptabilitas karir siswa Kelas XII SMK Negeri “X” Malang. Variabel Big Five Personality dalam penelitian ini menggunakan teori dari John dan Srivastava (1999), learning goal orientation menggunakan teori Dweck (1986) dan adaptabilitas karir menggunakan teori dari Savickas dan Profeli (2012). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan melibatkan 93 siswa kelas XII pada salah satu sekolah menengah kejuruan di Kota Malang dengan menggunakan teknik simple random sampling. Alat ukur dalam penelitiaan ini menggunakan Big Five Inventory (BFI) hasil adaptasi Neila Ramdhani (2012) sesuai bahasa dan budaya Indonesia dengan nilai reliabilitas 0,861, Learning Goal Orientation Scale yang dikembangkan oleh Button, dkk., (1996) dengan nilai reliabilitas 0,774 dan Career Adapt-Abilities Scale (CAAS) Internasional versi 2.0 yang dikembangkan oleh Savickas dan Profeli (2012) dengan nilai reliabilitas 0,924. Analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik regresi linier berganda dengan menggunakan bantuan program SPPS 18.00 for windows. Hasil uji regresi diketahui bahwa ada pengaruh big five personality dan learning goal orientation secara bersamaan terhadap adaptabilitas karir siswa Kelas XII SMK Negeri “X” Malang sebesar 37%, sedangkan sisanya dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lainnya diluar penelitian ini. Hasil uji regresi secara terpisah menunjukkan variabel bebas big five personality dimensi opennes to experience dan variabel bebas learning goal orientation berpengaruh signifikan terhadap adaptabilitas karir siswa Kelas XII SMK Negeri “X” Malang, sedangkan variabel bebas big five personality dimensi extraversion, agreeableness, conscientiousness, dan neuroticism tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel adaptabilitas karir siswa Kelas XII SMK Negeri “X” Malang.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TPsi. 38-19 Fat p
Uncontrolled Keywords: adaptabilitas karir, big five personality, learning goal orientation, siswa SMK
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF698-698.9 Personality
Divisions: 11. Fakultas Psikologi > S2 Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
JATI FATMAWIYATI, 111714253003UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDUTA NURDIBYANANDARUUNSPECIFIED
Thesis advisorDEWI RETNO SUMINAR, NIDN: '0013036606UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 11 Oct 2019 01:49
Last Modified: 11 Oct 2019 01:49
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/88817
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item