RIEKO BRILIANTARI, 111311133069 (2019) GAMBARAN PENYESUAIAN SOSIAL SISWA KELAS CERDAS ISTIMEWA PROGRAM PEMBELAJARAN PENGAYAAN (ENRICHMENT) DI SMPN 1 SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text
Psi. 183-19 Bri g abstrak.pdf Download (78kB) |
|
Text
Psi. 183-19 Bri g daftar isi.pdf Download (34kB) |
|
Text
Psi. 183-19 Bri g daftar pustaka.pdf Download (51kB) |
|
Text (FULLTEXT)
Psi. 183-19 Bri g.pdf Restricted to Registered users only until 14 October 2022. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Rieko Briliantari, 111311133069, Gambaran Penyesuaian Sosial Siswa Kelas Cerdas Istimewa Program Pembelajaran Pengayaan (Enrichment) di SMPN 1 Surabaya, Skripsi, Fakultas Psikologi Universitas Airlangga Surabaya, 2019. xx + 136 halaman, 6 lampiran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran penyesuaian sosial siswa kelas cerdas istimewa program pembelajaran pengayaan (enrichment) di SMPN 1 Surabaya. Penyesuaian sosial menandakan kapasitas untuk bereaksi secara afektif dan besar terhadap realitas sosial, situasi, dan hubungan yang dilakukan sehingga persyaratan untuk kehidupan sosial terpenuhi dengan cara yang dapat diterima dan memuaskan (Schneider, 1964). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus instrumental. Penelitian ini melibatkan tiga partisipan di kelas cerdas istimewa program pembelajaran pengayaan (enrichment). Teknik pengambilan data pada penelitian ini adalah dengan melakukan wawancara semi terstruktur. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis tematik dengan pendekatan theory driven. Teknik pemantapan kredibilitas penelitian menggunakan member checking Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kelas cerdas istimewa program pembelajaran pengayaan (enrichment) memiliki masalah dalam penyesuaian sosial. Masalah tersebut berupa kesulitan dalam mendapatkan dan memilih teman karena atmosfir kelas cerdas istimewa serta sistem dan peraturan sekolah yang ditujukkan khusus bagi siswa kelas cerdas istimewa. Cara yang dilakukan adalah dengan mengikuti berbagai kegiatan di sekolah maupun di luar sekolah, menjadi ketua konselor dan membuat grup pertemanan diluar kelas cerdas istimewa. Motivasi dan dukungan sosial dari lingkungan khususnya keluarga dibutuhkan dalam penyesuaian sosial mereka. Sistem dan peraturan sekolah yang ditujukan khusus siswa kelas cerdas istimewa memberikan pengaruh dalam ketertarikan siswa untuk mengikuti kegiatan di sekolah.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 PSI 183/19 Bri g | ||||||
Uncontrolled Keywords: | penyesuaian sosial, siswa kelas cerdas istimewa, program pembelajaran pengayaan (enrichment) | ||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology | ||||||
Divisions: | 11. Fakultas Psikologi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Dwi Marina | ||||||
Date Deposited: | 14 Oct 2019 07:31 | ||||||
Last Modified: | 14 Oct 2019 07:31 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/89016 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |