PHONOLOGICAL AWARENESS PROBLEMS OF ACQUIRING MANDARIN CHINESE: A CASE STUDY OF AN INDONESIAN LEARNER

ANNA KARENINA EKAPUTRI NIM, 121511233045 (2019) PHONOLOGICAL AWARENESS PROBLEMS OF ACQUIRING MANDARIN CHINESE: A CASE STUDY OF AN INDONESIAN LEARNER. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
FS.BE.110-19 Eka p abstrak.pdf

Download (33kB)
[img] Text
FS.BE.110-19 Eka p daftar isi.pdf

Download (73kB)
[img] Text
FS.BE.110-19 Eka p daftar pustaka.pdf

Download (79kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FS.BE.110-19 Eka p.pdf
Restricted to Registered users only until 17 October 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Studi kasus ini membahas tentang pembelajaran bahasa kedua yang fokus pada masalah kesadaran fonologis bahasa Mandarin yang dialami oleh seorang pelajar Indonesia. Jika dibandingkan dengan Bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, bahasa Mandarin mempunyai sistem penulisan yang tidak umum dan juga memiliki empat nada dan satu nada netral guna menentukan arti. Menurut Hu (2009), elemen-elemen ini merupakan variabel bebas dalam kesadaran fonologi bahasa Mandarin: kesadaran sukukata, kesadaran onset, kesadaran rima, dan kesadaran nada. Studi ini bertujuan untuk mengetahui masalah fonologis yang dilalui oleh seorang pelajar Indonesia dalam mempelajari bahasa Mandarin. Sebuah kuesioner demografis digunakan oleh peneliti dan subjek riset diharuskan untuk mengerjakan sebuah tes kesadaran fonologis untuk mengetahui level-level kesadaran fonologis berdasarkan elemen fonologi bahasa Mandarin. Selain itu, kegiatan wawancara juga dilaksanakan untuk menganalisis cara subjek riset mengatasi kesulitan-kesulitan tersebut dan meningkatkan kemampuannya dalam berbahasa Mandarin. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan pelajar Indonesia ini tidak mengalami kesulitan dalam mengidentifikasi onset dan rima. Namun, kegiatan mengidentifikasi nada pada dua suku-kata merupakan bagian yang paling banyak ditemukan kesalahan. Latihan mendengarkan dan membangun sebuah percakapan dengan bahasa Mandarin adalah strategi untuk menanggulangi kesulitan dalam mempelajari fonologi Bahasa Mandarin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS BE 110/19 Eka p
Uncontrolled Keywords: Bahasa Mandarin, kesadaran fonologis, pembelajaran bahasa kedua
Subjects: P Language and Literature > PR English literature
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Creators:
CreatorsNIM
ANNA KARENINA EKAPUTRI NIM, 121511233045UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorViqi Ardaniah, S.S.,M.A. Linguistics, NIDN: '0027038303UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 17 Oct 2019 08:18
Last Modified: 17 Oct 2019 08:18
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/89341
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item