THE CONSTRUCTION OF IMAGE OF NATION TROUGH GOOD NEWS FROM SOUTHEAST ASIA INSTAGRAM ACCOUNT

FARAH NABILLA, 121711223005 (2019) THE CONSTRUCTION OF IMAGE OF NATION TROUGH GOOD NEWS FROM SOUTHEAST ASIA INSTAGRAM ACCOUNT. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
FS.BE.122 Nab c abstrak.pdf

Download (20kB)
[img] Text
FS.BE.122 Nab c daftar isi.pdf

Download (79kB)
[img] Text
FS.BE.122 Nab c daftar pustaka.pdf

Download (134kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FS.BE.122 Nab c.pdf
Restricted to Registered users only until 18 October 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Nasionalisme saat ini didefinisikan secara bebas oleh suatu negara melalui media sosial. Karena media sosial menawarkan platform partisipatif. Namun, representasi nasionalisme di media sosial merujuk pada jenis nasionalisme dengan banalitas karena isinya yang berupa imej-imej nasional sebuah negara cenderung memiliki kontestasi diantara para penyedia konten lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti konstruksi imej nasional di akun Instagram Good News From Southeast Asia dan untuk mengungkapkan jenis kebanggaan nasional yang dibangun di atasnya dengan menggunakan metode analisis konten secara kualitatif. Konstruksi nasional imej di media sosial banyak terlihat di akun Instagram Good News From Southeast Asia yang membangkitkan semangat optimisme dari keberagaman di Asia Tenggara. Dalam studi ini, negara-negara Asia Tenggara merujuk ke Indonesia, Malaysia, dan Singapura yang memiliki posisi dominan di media alternatif ini, tetapi memiliki citra negatif di media arus utama. Nasionalisme di Asia Tenggara menjadi penting karena negara-negara tersebut memiliki kesamaan sebagai negara-negara bekas jajahan dan memiliki komposisi etnis yang mirip. Studi ini menemukan bahwa nasional imej dalam Good News From Southeast Asia Instagram dibangun melalui keberagaman yang dijadikan berita baik. Namun, nasional imej yang dibanggakan dengan merayakan keberagaman di media sosial dikategorikan sebagai sebuah kebanggaan yang naif karena identitas nasional yang direproduksi didasarkan pada popularitas dan nilai pariwisata yang terkandung didalamnya sehingga pentingnya makna identitas nasional tidak lagi disadari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS BE 122/19 Nab c
Uncontrolled Keywords: Nasionalisme dangkal, Identitas Nasional, Media sosial, Instagram, Good News From Southeast Asia
Subjects: P Language and Literature > PR English literature
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Creators:
CreatorsNIM
FARAH NABILLA, 121711223005UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNurul Fitri Hapsari M.Hum, NIDN: '0017055905UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 18 Oct 2019 04:03
Last Modified: 18 Oct 2019 04:03
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/89377
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item