ANALISA PENGARUH WORK-LIFE BALANCE TERHADAP TURNOVER INTENTION DENGAN CONTINUANCE COMMITMENT SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA GENERASI Y PT NINDYA KARYA (PERSERO)

CHUSNUL CHOTIMAH, 041624353021 (2019) ANALISA PENGARUH WORK-LIFE BALANCE TERHADAP TURNOVER INTENTION DENGAN CONTINUANCE COMMITMENT SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA GENERASI Y PT NINDYA KARYA (PERSERO). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (50kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (40kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (107kB)
[img] Text
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 21 October 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: Http:///lib.unair.ac.id

Abstract

Turnover intention secara konsisten dipandang oleh para ilmuwan sebagai faktor terpenting dalam memprediksi turnover karyawan. Untuk mengurangi turnover rate, penting bagi organisasi mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi turnover intention terutama bagi organisasi yang sebagian besar karyawannya adalah generasi Y. Salah satu karakteristik generasi Y adalah mereka mementingkan work-life balance dalam kehidupan mereka. Pengukuran work-life balance salah satunya adalah melalui personal-life interference/enhancement with work. Selain itu, organizational commitment terutama continuance commitment juga turut mempengaruhi turnover intention sehingga perlu bagi organisasi untuk mengelola work-life balance dan organizational commitment karyawannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh personallife interference/enhancement with work terhadap turnover intention dengan continuance commitment sebagai variabel intervening. Tujuan selanjutnya adalah bahwa hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran bagaimana persepsi generasi Y terhadap personal-life interference/enhancement with work dan continuance commitment sehingga dapa membantu organisasi untuk meminimalkan turnover rate. Penelitian ini dilakukan dengan metode survei dengan wawancara tidak langsung yaitu melalui kuesioner. Teknik analisa data dalam penelitian ini menggunakan Partial Least Square dengan responden sebanyak 159 karyawan generasi Y pada PT. Nindya Karya (Persero). Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh langsung dan signifikan antara variabel personal life interference with work (PLIW) dan personal life enhancement with work (PLEW) terhadap turnover intention. PLIW berpengaruh positif terhadap turnover intention sedangkan PLEW berpengaruh negatif terhadap turnover intention. Semakin tinggi personal life mengganggu pekerjaan maka semakin tinggi pula turnover intention generasi Y, dan semakin tinggi personal life meningkatkan pekerjaan maka semakin rendah turnover intention. Continuance commitment dalam penelitian ini mampu memediasi pengaruh PLIW dan PLEW terhadap turnover intention dengan mediasi parsial. Peran mediasi continuance commitment memberikan dampak pengaruh tidak langsung PLIW terhadap turnover intention dengan arah hubungan yang negatif dan signifikan, sedangkan PLEW terhadap turnover intention dengan arah hubungan yang positif dan signifikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK MM 76/19 Cho a
Uncontrolled Keywords: personal-life interference/enhancement with work , continuance commitment, turnover intention, generation Y.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
CHUSNUL CHOTIMAH, 041624353021UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAhmad Rizki Sridadi, '0029107601UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 21 Oct 2019 01:31
Last Modified: 21 Oct 2019 01:31
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/89529
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item