Nadiya Firdausi, 071511133043 (2019) PELAYANAN PRA PENEMPATAN PEKERJA MIGRAN INDONESIA DALAM PERSPEKTIF SOUND GOVERNANCE (Studi tentang Pelaksanaan Program Layanan Sarana Informasi dan Pelayanan Terpadu Pekerja Migran Indonesia (simPADU-PMI) di Unit Pelaksana Teknis Pelayanan dan Perlindungan Tenaga Kerja Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Timur). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text
Fis. AN. 55-19 Fir p abstrak.pdf Download (38kB) |
|
Text
Fis. AN. 55-19 Fir p daftar isi.pdf Download (80kB) |
|
Text
Fis. AN. 55-19 Fir p daftar pustaka.pdf Download (60kB) |
|
Text (FULLTEXT)
Fis. AN. 55-19 Fir p.pdf Restricted to Registered users only until 22 October 2022. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mendeskripsikan dan memahami Pelaksanaan Program Layanan Sarana Informasi dan Pelayanan Terpadu Pekerja Migran Indonesia (simPADU-PMI) di Unit Pelaksana Teknis Pelayanan dan Perlindungan Tenaga Kerja Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Timur dalam perspektif Sound Governance. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, studi dokumen dan wawancara mendalam dengan informan. Penentuan informan dilakukan dengan purposive sampling yaitu pihak-pihak yang dianggap mengetahui lebih dalam mengenai pelaksanaan program layanan simPADU-PMI. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi data. Selanjutnya teknik analisis data yaitu dengan cara kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program layanan simPADU-PMI di Unit Pelaksana Teknis Pelayanan dan Perlindungan Tenaga Kerja Provinsi Jawa Timur dalam perspektif Sound Governance sudah terlaksana dengan baik. Hal tersebut terlihat dari sepuluh dimensi dalam perspektif Sound Governance yang menunjukkan bahwa enam dimensi telah terlaksana dengan baik yaitu: 1) dimensi proses, 2) dimensi struktur, 3) dimensi kognisi dan nilai, 4) dimensi organisasi dan institusi, 5) dimensi kebijakan, 6) dimensi faktor international. Kemudian empat dimensi yang belum terlaksana dengan baik yaitu : 1) dimensi konstitusi, 2) dimensi manajemen dan kinerja, 3) dimensi sektor, 4) dimensi etika, transparansi dan akuntabilitas. Sehingga menyebabkan masih banyaknya pekerja migran Indonesia di wilayah Jawa Timur yang belum mengetahui dan memanfaatkan adanya layanan Sarana Informasi yang mana didalamnya terdapat pelayanan informasi migrasi ketenagakerjaan secara jelas.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 FIS AN 55/19 Fir p | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Pekerja Migran Indonesia, Sound Governance, simPADU-PMI. | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG3810-4000 Foreign exchange. International finance. International monetary system | ||||||
Divisions: | 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Dwi Marina | ||||||
Date Deposited: | 22 Oct 2019 07:22 | ||||||
Last Modified: | 18 Dec 2019 03:39 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/89734 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |