PENGARUH PEMBERIAN PROBIOTIK Lactobacillus plantarum TERHADAP KADAR ASPARTATE AMINOTRANSFERASE (AST) DAN ALANINE AMINOTRANSFERASE (ALT) PADA AYAM BROILER DI PETERNAKAN DI KABUPATEN JOMBANG

M. YUSRIL HARISUDIN, 151611213025 (2019) PENGARUH PEMBERIAN PROBIOTIK Lactobacillus plantarum TERHADAP KADAR ASPARTATE AMINOTRANSFERASE (AST) DAN ALANINE AMINOTRANSFERASE (ALT) PADA AYAM BROILER DI PETERNAKAN DI KABUPATEN JOMBANG. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
Abstrak FV.PV.33 19 Har p.pdf

Download (82kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
Daftar isi FV.PV.33 19 Har p.pdf

Download (83kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Dapus FV.PV.33 19 Har p.pdf

Download (88kB)
[img] Text (FULLTEXT)
Fulltext FV.PV.33 19 Har p.pdf
Restricted to Registered users only until 25 October 2022.

Download (803kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ayam pedaging (broiler) mempunyai peranan yang sangat penting sebagai sumber protein hewani asal ternak. Harga yang dapat dijangkau oleh semua kalangan masyarakat dengan rasa daging yang enak menjadikan ayam pedaging (broiler) ini digemari masyarakat sehingga permintaan daging ayam broiler tahunnya meningkat. Agar produksi bisa optimal, diperlukan perbaikan gizi terhadap bahan pakan yang berkualitas. Permasalahan umum yang sering terjadi dilingkungan peternak ayam adalah larangan penggunaan Anti Growth Promotor (AGP) sebagai pakan tambahan yang jika digunakan terus menerus akan menimbulkan efek negatif berupa residu dalam karkas ayam pedaging dan juga dapat menyebabkan kerusakan metabolism dari ayam broiler salah satunya kerusakan hati yang nantinya akan mempengaruhi kadar dari enzim Aspartate Aminotransferase (AST) dan Alanine Aminotransferase (ALT). Sehubungan dengan hal tersebut maka diperlukan manipulasi nutrisi untuk mengoptimalkan biaya pakan dengan memaksimalkan produksi. Salah satu solusi untuk meningkatkan dan menjaga produktivitas, yaitu dengan menambahkan bahan pakan tambahan (feed addictive) berupa probiotik. Observasi ini berujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian probiotik Lactobacillus plantarum terhadap kadar Aspartate Aminotransferase (AST) dan Alanine Aminotransferase (ALT) pada serum ayam broiler. Metode yang digunakan untuk pengambilan data dengan metode survei, data yang diambil adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh secara langsung (wawancara), sedangkan data sekunder diperoleh dari literature – literature, dan data dari pemeriksaan serum di laboratorium. Hasil observasi menunjukkan bahwa pemberian probiotik Lactobacillus plantarum dalam campuran pakan yang diberikan sampai fase finisher pada ayam broiler menunjukkan adanya kecenderungan mempengaruhi kadar enzim Aspartate Aminotransferase (AST) dan Alanine Aminotransferase (ALT). Hasil observasi juga mengalami pembiasan dari pembacaan kadar enzim Aspartate Aminotransferase (AST) dan Alanine Aminotransferase (ALT) pada setiap perlakuan dan setiap minggunya.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 FV.PV. 33/19 Har p
Uncontrolled Keywords: Broiler, Antibiotic Growth Promotor (AGP), Probiotik, Enzim Aspartate Aminotransferase (AST) dan Alanine Aminotransferase (ALT), Lactobacillus plantarum.
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF481-507 Poultry. Eggs
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D3 Paramedik Veteriner
Creators:
CreatorsNIM
M. YUSRIL HARISUDIN, 151611213025UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorShelly Wulandari, 0017099002UNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 25 Oct 2019 05:19
Last Modified: 25 Oct 2019 05:19
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/90025
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item