PENGARUH PEMBERIAN PAKAN KOMERSIAL YANG BERBEDA TERHADAP PERTUMBUHAN, RASIO KONVERSI PAKAN (FCR), DAN KUALITAS WARNA IKAN KOI (Cyprinus carpio)

CONNA DELWIS MAGAGAMA, 141511535005 (2019) PENGARUH PEMBERIAN PAKAN KOMERSIAL YANG BERBEDA TERHADAP PERTUMBUHAN, RASIO KONVERSI PAKAN (FCR), DAN KUALITAS WARNA IKAN KOI (Cyprinus carpio). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK PK BP 140 19 Mag p.pdf

Download (33kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI PK BP 140 19 Mag p.pdf

Download (33kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA PK BP 140 19 Mag p.pdf

Download (52kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT PK BP 140 19 Mag p.pdf
Restricted to Registered users only until 31 October 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ikan koi (Cyprinus carpio) merupakan jenis ikan hias yang memiliki potensi pasar yang tinggi. Keunggulan lainnya yaitu memiliki warna dan pola yang unik sehingga harga jualnya cukup tinggi. Salah s’atu kendala dalam usaha budidaya ikan koi yaitu tingkat kelangsungan hidup yang rendah dan pertumbuhan ikan yang relatif lambat. Hal ini disebabkan oleh pakan yang tidak sesuai dengan kebutuhan ikan. Upaya mengatasi kendala tersebut yaitu dengan pemberian pakan yang sesuai dengan kebutuhan nutrisi ikan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh pemberian pakan komersial yang berbeda terhadap pertumbuhan, rasio konversi pakan, dan kualitas warna ikan koi (Cyprinus carpio) dan mengetahui pakan komersial yang terbaik terhadap pertumbuhan, rasio konversi pakan, dan kualitas warna ikan koi (Cyprinus carpio). Metode penelitian yang digunakan adalah metode ekperimental dengan desain Rancangan Acak Lengkap (RAL). Perlakuan yang digunakan adalah pemberian pakan komersial yang berbeda disetiap media pemeliharaan yaitu perlakuan P0 (pakan merk A), P1 (pakan merk B), P2 (pakan merk C), dan P3 (pakan merk D). Masing-masing dari tiap perlakuan terdiri dari lima kali ulangan. Parameter yang diamati adalah pertumbuhan meliputi panjang mutlak dan berat mutlak, rasio konversi pakan (FCR) dan kualitas warna. Analisa data menngunakan ANOVA (Analysis of Variance) dan untuk mengetahui perlakuan terbaik dilakukan Uji Jarak Berganda (Duncan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian pakan komersial yang berbeda memberikan pengaruh yang signifikan (P<0,05) terhadap pertumbuhan baik Panjang mutlak dan berat mutlak, rasio konversi pakan (FCR), dan kualitas warna.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian ikan koi dengan pakan merk C (P2) merupakan pertumbuhan paling optimal dan mempunyai nilai FCR terbaik. Sedangkan pertumbuhan paling rendah pada pemberian pakan merk A (P0). Kualitas warna tertinggi dihasilkan oleh ikan koi yang diberi pakan merk D (P3) dan terendah pada perlakuan P0.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK BP 140/19 Mag p
Uncontrolled Keywords: RASIO KONVERSI PAKAN (FCR), DAN KUALITAS WARNA IKAN KOI (Cyprinus carpio)
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: 17. PSDKU Banyuwangi > Budidaya Perairan
Creators:
CreatorsNIM
CONNA DELWIS MAGAGAMA, 141511535005UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorIr. Muhammad Arief, M.Kes., 196008231986011001UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 31 Oct 2019 03:01
Last Modified: 31 Oct 2019 03:01
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/90283
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item