PERAN KELUARGA TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN DIIT PADA LANSIA PENDERITA HIPERTENSI DI WILAYAH KERJA UPT PUSKESMAS DUDUK SAMPEYAN GRESIK

PUTRI DELIA ROSIDAH, 151611913150 (2019) PERAN KELUARGA TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN DIIT PADA LANSIA PENDERITA HIPERTENSI DI WILAYAH KERJA UPT PUSKESMAS DUDUK SAMPEYAN GRESIK. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
FV. KP. 135-19 Ros p abstrak.pdf

Download (374kB)
[img] Text
FV. KP. 135-19 Ros p daftar isi.pdf

Download (335kB)
[img] Text
FV. KP. 135-19 Ros p daftar pustaka.pdf

Download (428kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FV. KP. 135-19 Ros p.pdf
Restricted to Registered users only until 8 November 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Lansia merupakan seseorang mencapai usia 60 – 74 tahun ( WHO ) yang telah banyak mengalami penurunan fungsional organ. Secara global populasi lansia di prediksi terus mengalami peningkatan (UN World Population Properties). Dari jumlah populasi yg terus meningkat tersebut lansia juga mengalami permasalahan yang sering di hadapi yaitu rentannya kondisi fisik lansia terhadap berbagai penyakit atau biasa kita sebut sebagai penyakit degenerative yang mempunyai tingkat morbilitas dan mortilitas tinggi adalah hipertensi (Widiandari, dkk 2018). Fenomena ini di sebabkan karena perubahan gaya hidup masyarakat secara global, seperti semakin mudahnya mendapatkan makanan siap saji , Makanan yang di makan secara langsung atau tidak langsung berpengaruh terhadap kestabilan tekanan darah. Karena diet yang tidak terkontrol merupakan kondisi hipertensi yang penangananya tidak di lakukan secara maksimal biasanya mengakibatkan timbulnya kembali penyakit hipertensi. Sehingga di perlukan peran keluarga dalam mengontrol diit lansia yang menderita hipertensi. ( Andala 2014 ). Tetapi peran keluarga terhadap pemenuhan kebutuhan diit pada lansia hipertensi belum dapat di buktikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendescrpsikan peran keluarga dalam pemenuhan kebutuhan diit lansia penderita hipertensi di wilayah kerja UPT Puskesmas Duduk Sampeyan Gresik. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain descriptive. Populasi sebanyak 40 keluarga sesuai criteria dengan sampel yang di ambil 36 orang dengan metode purposive sampling. Instrument penelitian ini menggunakan kuisioner dengan 15 pertanyaan untuk menilai peran keluarga, hasil pengolahan data di olah dengan cara coding, scoring, tabulating, presentating. peran keluarga terhadap pemenuhan kebutuhan diit pada lanisa penderita hipertensi di wilayah kerja UPT puskesmas duduk sampeyan hampir setengah adalah cukup sebanyak 20 responden (55%), baik sebanyak 10 responden (28%), dan sebagian kecil berperan kurang sebanyak 6 responden (17%). Keluarga penderita hipertensi sebaiknya sering memperhatikan kondisi lansia penderita hipertensi untuk memenuhi kebutuhan diit hipertensi sehingga dapat mengontrol kesehatan penderita.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKC KK FV. KP. 135-19 Ros p
Uncontrolled Keywords: Peran keluarga, pemenuhan diit, hipertensi
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC31-1245 Internal medicine
R Medicine > RT Nursing > RT1-120 Nursing
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D3 Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
PUTRI DELIA ROSIDAH, 151611913150UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRindayati, NIDN: '3425016101UNSPECIFIED
Thesis advisorAbd. NasirUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 08 Nov 2019 02:49
Last Modified: 08 Nov 2019 02:49
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/90607
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item